Eddy Soeparno

Stabilitas Politik Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Bicara tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2016 ini secara keseluruhan diprediksi mencapai angka 5 persen. Jika benar, angka ini lebih baik dibandingkan realisasi tahun 2015 yang mencapai 4,8 persen. Pada tahun 2015 memang menjadi periode terendah pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi kondisi diprediksi membaik hingga tahun 2017 mendatang dengan investasi swasta sebagai motor pendorong pertumbuhan ekonomi.

Kondisi ekonomi ini memang tidak terlepas dari faktor politik. Stabilitas politik akan mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. Jika stabilitas politik sudah dimiliki oleh Indonesia, maka dalam sisi ekonomi, investasi akan cenderung solid pada periode mendatang. Beberapa waktu lalu Golkar dan PAN telah masuk ke dalam koalisi pendukung pemerintah, otomatis dukungan parlemen terhadap Presiden Joko Widodo juga berubah. Sekitar 70 persen anggota parlemen tentu dipastikan akan mendukung Presiden Joko Widodo.

Dengan demikian, Indonesia diharapkan memiliki stabilitas ekonomi dan stabilitas politik. Kedua hal ini merupakan bekal penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di tengah guncangan ekonomi global. Apalagi dalam setahun terakhir terjadi berbagai peristiwa di tingkat global yang berpotensi menimbulkan ketidakpastian pada tahun-tahun mendatang. Belum lagi riak politik dalam negeri yang terjadi belakangan ini, nampaknya memang sedikit menahan laju minat investasi. Untuk itu, pemerintah menghadapi tugas cukup berat untuk menjaga stabilitas politik dan ekonomi.

Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif masih di atas rata-rata banyak negara, kemudian situasi keamanan dan politik yang cukup terjaga, serta potensi pasar yang demikian besar, Indonesia tetap merupakan daya tarik dibandingkan dengan banyak negara lain. Memasuki pergantian tahun 2017, maka Indonesia tetap harus bisa terus memperbaiki situasi keamanan dan politik serta daya tarik tersebut, jika ingin terus diminati dan diperebutkan oleh investor dalam dan luar negeri.

Seperti yang diungkapkan oleh Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno. Beliau menghimbau agar tahun 2017 menjadi tahun kerukunan dan ajang silaturahim diantara sesama anak bangsa. Dengan adanya kerukunan antar sesama, maka diharapkan stabilitas politik nasional akan lebih terjaga. Dengan demikian, laju investasi Indonesia akan semakin berpeluang dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga, masyarakat lebih sejahtera, Indonesia lebih berjaya.