Eddy Soeparno

Siap Berikan Bantuan, PAN akan Dirikan Posko Untuk Korban Gempa Aceh

DETIK.COM, Jakarta – PAN menyampaikan duka cita atas bencana Gempa Aceh yang menewaskan 94 orang. Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan pihaknya akan mendirikan posko untuk membantu penanganan pasca gempa.

“PAN menyampaikan belasungkawa dan keprihatinan yang mendalam atas bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita di Aceh,” ungkap Eddy kepada wartawan, Kamis (8/12/2016).

DPP PAN pun menurutnya telah memerintahkan kepada seluruh pengurus dan kader PAN di Aceh untuk terjun langsung memberikan bantuan kepada korban gempa. Kader PAN setempat diminta untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan instansi terkait.

“Agar pertolongan dapat disegerakan, khususnya membantu evakuasi korban, menyediakan ketersediaan relokasi atau hunian sementara,” kata dia.

Pengurus PAN di Aceh pun menurutnya akan menyiapkan makanan, air bersih, dan obat-obatan untuk korban. Khususnya bagi para pengungsi.

“Perempuan Amanat Nasional (PUAN) juga akan membuat dapur umum di lokasi penampungan penduduk yang terdampak,” terang Eddy.

Seperti diketahui, gempa 6,4 SR mengguncang wilayah Aceh pada Rabu (7/12) pagi. Tiga wilayah terdampak yang paling parah adalah Kabupaten Pidie Jaya, Bireun, dan Pidie.

Selain 94 orang tewas, ada ratusan warga yang terluka akibat gempa ini. Warga Pidie Jaya banyak yang mengungsi di tempat yang dianggap aman, meski dalam keadaan gelap gulita karena matinya listrik.

Sempat terjadi gempa susulan yang membuat warga berhamburan keluar. Presiden Joko Widodo rencananya akan meninjau lokasi gempa hari ini.