Eddy Soeparno

Selain Amien Rais, Ada Tiga Capres Lagi yang Diusung PAN

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Sejumlah mantan pimpinan PAN serta kader PAN di tingkat DPP menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Jakarta, Sabtu (9/6). Dalam kesempatan tersebut Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais secara menyebut sejumlah nama yang layak dan diusung PAN sebagai calon presiden (Capres).

“Kalau PKS misalnya mengusung sembilan nama calon presiden, maka kami akan mengusung cuma empat saja,” kata Amien usai menghadiri acara tersebut.

Keempat nama tersebut antara lain pertama yang saat ini menjabat sebagai ketua umum PAN, Zulkifli Hasan. Amien menilai Zulkifli layak lantaran ketua umum sekaligus Ketua MPR.

“Jadi punya pengalaman di legislatif sebagai ketua komisi, ketua fraksi, di eksekutif sebagai menteri kehutanan. Nah sekarang sebagai ketua MPR. Jadi kan juga layak ya,” katanya

Selain nama kedua yang diusung PAN yang juga layak menjadi capres yaitu mantan ketua umun Hatta Rajasa. Mantan ketua umum PAN lainnya yang juga disebut Amien yaitu Sutrisno Bachir.

Nah, pak Sutrisno Bachir, ini juga bisnisman dan juga politician. Jadi dunia bisnis tahu kuncinya juga layak, di dunia politik juga sangat paham jadi layak dicapreskan,” ungkapnya.

Terakhir Amien menyebut dirinya sendiri juga dinilai masih layak menjadi capres. Meskipun ia menyadari bahwa dirinya terlalu kuno, namun ia optimis setelah melihat kemenangan Perdana Menteri Malaysia terpilih Mahathir di pemilu Malaysia beberapa waktu lalu.

“Kalau mbah Amien Rais ini kan walaupun tua ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir jadi, saya jadi remaja lagi sekarang kan ya, jadi saya berterimakasih ke Pak Mahathir,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan silaturahmi yang digelar di kediaman Zulkifli Hasan tersebut menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh kader PAN di seluruh Indonesia. Ia pun menyambut baik pengusungan keempat tokoh ‘bintang’ PAN sebagai capres.

“Pertemuan para tokoh PAN yang notabene adalah mantan Ketua Umum PAN tentunya membawa kabar baik dan angin segar bagi kader-kader PAN di seluruh Indonesia. Pertemuan para ketua umum ini juga menjadi suntikan semangat bagi kita semua agar lebih bekerja keras jelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden,” kata Eddy di sela-sela acara buka.

Eddy menegaskan bahwa saat ini keempat tokoh ini telah berkomitmen akan saling bahu-membahu agar PAN mencapai target yang telah dicanangkan.

“Saat ini PAN memiliki 48 kursi di DPR dan target kami di 2019 akan mendapatkan setidaknya 60-65 kursi. Dengan tambahan suntikan moral dari para tokoh PAN yang telah turun gunung, saya optimis bisa mencapai target tersebut,” ujarnya.

Meskipun demikian, Eddy mengatakan PAN tidak hanya fokus pada kursi, jabatan, dan kekuasaan semata namun yang lebih penting menurutnya adalah bagaimana partai PAN bisa menjadi media untuk menyampaikan aspirasi.

“Seperti yang sering ditegaskan oleh Ketua Dewan Kehormatan PAN pak Amien Rais bahwa PAN yang lahir dari rahim reformasi adalah partai yang memegang amanah rakyat dan sudah semestinya berjuang bersama rakyat. Jadi, perjuangan keempat tokoh PAN ini bukan hanya sekedar perjuangan bersama kader PAN saja namun merupakan perjuangan seluruh bangsa Indonesia,” katanya.

 

Sumber: REPUBLIKA.CO.ID