Eddy Soeparno

Sekjend PAN Sarankan Presiden Jokowi Sewa Pesawat Pribadi Saat Kampanye

JAKARTA, EDDYSOEPARNO.COM – PAN punya sikap tegas terkait wacana pejabat negara kampanye menggunakan fasilitas negara. Menurut sekjend PAN Eddy Soeparno, pejabat negara seharusnya tak menggunakan fasilitas negara untuk keperluan kampanye tak terkecuali Presiden. Maka dari itu, Ia pun tegas mengatakan jika partainya tak setuju bila Joko Widodo menggunakan pesawat kepresidenan untuk keperluan kampanye. Soalnya, penggunaan fasilitas negara bukanlah tindakan etis.

“Saya pikir, kalau kita mau konsekuen, jangankan pesawat kepresidenan, bahkan mobil resmi kepresidenan saja rasanya tidak elok kalau digunakan sewaktu kampanye,” ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno, Rabu (11/4/2018).

Pesawat kepresidenan tentu muat banyak orang. Saat kampanye Pilpres 2019, tentu Jokowi tak mencapreskan diri tanpa dukungan partai dan kelompok lain. Maka pesawat yang muat banyak orang itu bisa-bisa diisi orang-orang yang tak berhak.

“Pesawat itu isinya bisa puluhan orang, isinya bisa anggota partai pengusung, bisa timses, dan sulit untuk mengontrolnya,” kata Eddy.

Etika berkampanye perlu dijaga bersama, termasuk dalam hal tidak menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye. Maka solusinya, lebih baik Jokowi menyewa pesawat lain saja ketimbang menggunakan pesawat kepresidenan untuk kampanye.

“Kan bisa sewa pesawat,” kata dia.

Namun tentu saja duit sewa tak menggunakan anggaran negara. Duit sewa bisa berasal dari partai-partai pengusungnya.

“Partai pengusung kan ada. Mungkin juga ada donatur resmi yang tercatat (membiayai pesawat carteran),” kata Eddy.

Berita ini disadur dari berita detik.com yang berjudul “PAN : Jokowi Bisa Sewa Pesawat Saat Kampanye Pilpres