Eddy Soeparno

Sekjen sebut hasil Safari PAN temukan adanya kesenjangan sosial

Merdeka.com – Rombongan Partai Amanat Nasional (PAN) telah merampungkan Safari Kebangsaan Merajut Kebhinekaan (Sabang Merauke) di beberapa titik di Pulau Jawa. Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan salah satu hasil dari safari tersebut partainya menemukan beberapa fakta masih adanya kesenjangan sosial antara penduduk di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa.

“Salah satunya temuan kita yang paling penting adalah bahwa masalah kesenjangan yang ada itu menjadi nyata sekali karena apa yang kita miliki di Pulau Jawa dengan apa yang dimiliki saudara-saudara kita di luar Pulau Jawa, khususnya di timur, seperti di Maluku dan Papua itu beda sekali, sehingga kita perlu segera melakukan upaya untuk mempersempit kesenjangan itu,” kata Eddy di Jakarta, Rabu (25/5).

Dia mengatakan, pemerataan pembangunan harus segera dilakukan. Selain itu, instruksi Presiden Jokowi terkait percepatan pembangunan khususnya di daerah tertinggal harus segera dilaksanakan.

Pihaknya berharap pembangunan yang belum merata ini tak sampai membuat iri warga yang berada di luar Pulau Jawa.

“Itu yang membuat kita prihatin sehingga kesenjangan itu harus segera kita tangani, karena kalau masalah kesenjangan tidak ditangani, banyak penyakit yang bisa timbul, mulai dari disintegrasi sampai ajaran-ajaran yang sifatnya menyesatkan yang berujung radikalisme,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam safari tersebut sejumlah petinggi PAN mengunjungi beberapa kota di Pulau Jawa seperti Kota Serang di Provinsi Banten, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan, Semarang, Solo, Bojonegoro, Surabaya dan berakhir di Kota Malang.

[dan]