Eddy Soeparno

Sekjen PAN: Pembangunan Manusia Kunci Sukses Hadapi MEA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Dalam skema pasar tunggal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia diharapkan mampu memberikan hasil produksi yang baik terhadap Konsumen ASEAN. Kuncinya adalah pada kualitas sumber daya manusia.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Eddy Soeparno mengatakan demi membangun ekonomi negara yang lebih baik serta integrasi ke dalam pasar tunggal MEA, pemerintah harus lebih fokus memberikan perhatian terhadap upaya pembangunan manusia. Serta fokus pada sektor ekonomi kreatif yang ke depan dapat menjadi andalan anak-anak Indonesia.

“Ke depannya, industri kreatif dan bersifat online akan menjadi andalan anak-anak muda kita. Industri semacam itu juga yang akan membangun perekonomian Indonesia lebih baik lagi”. Ujar Eddy, dalam acara diskusi terbatas di Pascasarjana Universitas Padjajaran Bandung, (28/10).

Dalam kesempatan tersebut, Eddy juga menyampaikan optimisnya bahwa masyarakat Indonesia memiliki kemampuan besar untuk bersaing di MEA. “Kita memiliki generasi usia kerja yang produktif, ini akan mendorong kemajuan ekonomi masyarakat, sumber daya kreatif dan optimisme harus tetap kita tanamkan agar kita mampu bersaing dengan negara-negara lainnya”. Tambahnya.

Namun yang jelas, tegas Eddy, peningkatan dan pemerataan Sumber Daya Manusia harus menjadi fokus untuk ditingkatkan. Hal ini agar secara kualitas tenaga kerja dan kelas menengah Indonesia mampu menjadi pemain utama di era MEA.