Eddy Soeparno

Sekjen PAN Gelorakan Pemuda Mengisi 71 Tahun Kemerdekaan RI

Pemuda adalah sebuah mesin penggerak bangsa, setiap perubahan dan pergerakan bangsa selalu diisi oleh pemuda. Mulai dari sebelum kemerdekaan terus ke masa mempertahankan kemerdekaan dilanjutkan dengan reformasi 1998 pemuda selalu menjadi lokomotif terdepan untuk mengawal itu semua. Pemuda adalah harapan bangsa karena di tangan pemudalah masa depan bangsa Indonesia. Sudah hampir 71 tahun Indonesia merdeka masih banyak yang harus dilakukan oleh pemuda untuk memajukan bangsa, oleh karena itu Eddy Soeparno Sekertaris Jenderal PAN dalam beberapa hari yang lalu mengadakan safari komunitas nusantara untuk mengelorakan pemuda mengisi 71 tahun kemerdekaan Indonesia.

Pada kegiatan safari komunitas nusantara Eddy Soeparno menyampaikan bahwa anak muda Indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan dan yang paling utama pada sekarang harus menguasai teknologi. Dalam bidang teknologi pemuda Indonesia harus punya karena kemajuan sekarang dimulai dengan pengembangan teknologi. Banyak perusahaan di dunia mengalami kemunduran karena tidak mampu bersaing dalam hal teknologi dengan perusahaan lainnya. Saya lihat kedepannya teknologi sebagai hal utama bagi kemajuan bangsa dan negara. Dan saya kira pemuda Indonesia tidak kalah dengan negara lain dalam bidang teknologi.

Selanjutnya Eddy Soeparno menjelaskan di era persaingan global khususnya dalam menjalankan MEA, diharapkan pemuda Indonesia jangan khawatir apalagi mengangap MEA sebagai hambatan. Kaum muda Indonesia harus meyakinkan bahwa MEA adalah sebuah kesempatan untuk meningkatkan dan memajukan bangsa. Dengan adanya MEA maka kesempatan anak muda Indonesia untuk menjalankan usaha dan pekerjaan akan semakin terbuka luas. Kesempatan seperti ini jangan disia-siakan oleh karena itu pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan menjadi syarat utama bagi pemuda Indonesia.

Menjadi keharusan bagi anak muda Indonesia untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif, terutama dalam membantu cita-cita negara untuk mensejahterakan masyarakat. Eddy Soeparno menerangkan bahwasanya sekarang ini anak muda di Indonesia ada yang menjadi kepala daerah baik gubernur, bupati dan walikota ada yang berkedudukan sebagai anggota dewan pusat atau daerah serta ada juga yang sukses dalam usaha, pendidikan, musik dan sosial mereka semua itu harus menjadi penyemangat bagi pemuda lain untuk sama-sama berbakti bagi nusa dan bangsa.

Sosok Eddy Soeparno sebagai pemimpin visioner pantas menjadi panutan anak muda. Dengan usia yang relative masih muda sudah sukses dan hal pendidikan, pekerjaan dan usaha. Sekarang ini mengisi jabatan sebagai sekertaris jenderal partai yang reformis dan menjunjung semangat anak muda. Harapan Eddy Soeparno kepada anak muda Indonesia bagaimana anak muda bangsa kita bisa berdiri sejajar atau bahkan melebihi anak muda yang ada pada negara maju. Oleh karena itu peran pemerintah dalam memberikan dukungan sangat penting guna mewujudkan seperti harapan kita semua.

Oleh M. Rahman