Eddy Soeparno

Sekjen PAN: Arus Bawah Partai Ingin Dukung Anies-Sandiaga

VIVA.co.id – Menjelang putaran dua Pilkada DKI, parpol pendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni belum memutuskan dukungan. Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno mengatakan, suara arus bawah ingin partai mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Kita belum memutuskan, tapi aspirasi dari bawah grass root secara terang-terangan menyatakan ingin dukung Anies-Sandiaga di putaran dua,” kata Eddy saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 2 Maret 2017.

Eddy menyebut, suara arus bawah ini dimulai dari pengurus DPD PAN DKI, ormas sayap partai, sampai pengurus ranting wilayah ingin mendukung Anies-Sandiaga.
“Ya mereka menyatakan demikian seperti Perempuan Amanat Nasional sudah mendeklarasikan ke Anies-Sandiaga,” tuturnya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat, PAN akan memutuskan suara dukungan untuk putaran dua Pilkada. Namun, Eddy belum bisa menjawab keputusan partainya yang masih dalam proses pembahasan.
“DPP belum memutuskan, saya tak mau mendahului proses, saya tak berani menjawab. Tunggu saja, dalam waktu dekat sudah. Akhir bulan atau awal April kita sudah ada putusan,” ujarnya.
Terkait keinginan tokoh PAN seperti Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais, ia menekankan bila pendiri partai itu ingin partainya memilih calon pemimpin yang santun dan bisa menjadi contoh masyarakat.

“Pak Amien pesannya pilih calon yang seperti itu. Tapi, semua kita putuskan dalam rapat,” ujarnya menjelaskan.

Sejak tersisih di putaran pertama Pilkada DKI, suara pendukung Agus-Sylvi seperti menjadi ‘teka-teki’ terkait dukungan untuk putaran dua nanti. Ada empat parpol yang mengusung Agus-Sylvi yaitu Demokrat, PKB, PPP, dan PAN. Pihak pendukung Anies-sandiaga yakin parpol pendukung Agus-Sylvi akan beralih.

Adapun waktu pemungutan suara putaran dua Pilkada DKI sudah ditetapkan pada 19 April 2017. Ada dua pasangan yang akan bertarung yaitu petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. (mus)