Eddy Soeparno

Sebelum Putuskan Dukung Ahok atau Anies, Ini yang Dilakukan PAN

Suara.com – Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno mengatakan partainya belum menentukan sikap politik apakah akan mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno di pilkada Jakarta putaran kedua yang akan diselenggarakan 19 April 2017.

“Belum kok, kami belum menentukan sikap di putaran dua ini,” kata Eddy dalam konferensi pers di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2017).

Pasangan yang diusung PAN, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, telah gagal lolos ke putaran kedua. Semalam, Agus sudah menyatakan menerima kekalahan dan menghormati dua pasangan rivalnya.

Eddy menambahkan sebelum PAN menentukan sikap politik untuk menyongsong pilkada putaran kedua, akan berkoordinasi dengan PPP, PKB, dan Demokrat yang sebelumnya sama-sama mengusung Agus-Sylviana.

“Karena kami (PAN) sampai hari ini masih bergabung anggota koalisi parpol pendukung Agus-Sylvi. Baiknya sebagai etika politik kita harus bertemu dulu dengan partai pendukung lainnya. Untuk melakukan proses evaluasi. Ibarat peribahasa, datang tampak muka, pulang tampak punggung,” ujarnya.

“Setelah itu baru diputuskan oleh pimpinan partai yang akan disampaikan melalui rapat pleno yang akan menghadirkan unsur-unsur Mahkamah Pertimbangan Partai termasuk dari pengurus harian. Nah barubsetelah itu PAN baru bisa menentukkan sikap PAN selanjutanya,” Eddy menambahkan.