Eddy Soeparno

Sebelum Dukung Paslon Lain, PAN Pamit Pada ‘Koalisi Cikeas’

JAKARTA (Pos Kota) – Partai Amanat Nasional (PAN) bakal keluar dari ‘Koalisi Cikeas’. Ini dilakukan lantaran pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni yang dijagokan kalah dalam Pilkada DKI.

Eddy Soeparno, Sekjen PAN, mengatakan akan pamit baik-baik lalu akan gabung ke salah satu paslon yang masuk ke putaran kedua. Pasangan yang diperkirakan lolos ke putaran kedua adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) –Djarot Saiful Hidayat serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Sebelumnya memilih mendukung pasangan yang masuk putaran kedua, kami akan pamit secara baik-baik ke partai koalisi,” ujarnya kepada wartawan di DPP PAN Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2017).

Ia mengatakan sebelum menentukan dukungan, rapat pleno akan digelar lebih dulu. “Kami akan rapat pleno terlebih dahulu, untuk menentukan memilih pasangan siapa pada putaran kedua PIlkada DKI,” sambungnya.

Menurutnya, kader PAN yang memberi dukungan pada salah satu pasangan, maka tindakan itu bersifat pribadi. “Sifatnya asumsi dari kader sendiri. Belum ada keputusan PAN,” katanya.

Perhitungan sementara, pasangan Ahok-Djarot unggul dalam Pilkada DKI. Pasangan Anies-Sandi ada di urutan kedua diikuti Agus-Sylvi.