Eddy Soeparno

Politik Teduh, Modal Membangun Bangsa

Sistem politik demokrasi membawa berbagai konsekuensi, tidak hanya terhadap dinamika kehidupan politik nasional, melainkan juga terhadap dinamika sistem-sistem lain yang menunjang penyelenggaraan kehidupan kenegaraan.

Pembangunan sistem politik yang demokratis untuk mempertahankan keutuhan wilayah Republik Indonesia. Juga sekaligus mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan memberikan ruang yang semakin luas bagi perwujudan keadilan sosial dan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Keberhasilan pembangunan politik yang demokratis tidak hanya dipengaruhi oleh situasi yang berkembang di dalam negeri, tetapi dapat pula dipengaruhi oleh para elit politik negeri ini.

Keberhasilan membangun politik nasional yang teduh menjadi modal membangun bangsa ini. Menanggapi hal itu, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengharapkan seluruh kader PAN membangun politik yang teduh dan membangun lingkungan positif.

Hal ini penting karena rakyat memberikan mandat kepada partai untuk memperbaiki kehidupan. Jika setiap partai politik di Indonesia mampu menjalankan politik dengan baik, maka tentunya suhu dunia politik kepartaian di Indonesia akan berjalan dengan keteduhan.

Jika pelembagaan partai politik sudah baik, tentu akan berdampak juga terhadap perbaikan kualitas demokrasi yang ada di Indonesia. Kinerja partai politik sebagai pilar demokrasi tentu akan semakin kokoh dan akan membawa perbaikan pada efektivitas pemerintahan dan lebih jauh untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Senada dengan Zulkifli Hasan, Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno berpendapat agar sepak terjang para elit politik memberikan keteduhan bagi masyarakat dan tidak menjadi bagian dari kegaduhan yang justru tidak dikehendaki masyarakat. Kegaduhan-kegaduhan yang terjadi oleh elit partai politik akan membuat masyarakat semakin apatis terhadap partai politik dan memperburuk citra DPR.

Rakyat yang sangat berharap kepada wakil rakyat untuk dapat mengubah kehidupan menjadi jauh lebih baik untuk ke depannya, bukannya malah memperburuk keadaan rakyat sendiri. Tentunya masyarakat sangat tidak ingin melihat kegaduhan-kegaduhan yang terjadi karena masyarakat kita terkenal sangat santun dan beretika.

“Kegaduhan – kegaduhan yang terjadi dapat memperlambat kemajuan ekonomi Indonesia,” jelas Eddy Soeparno, politisi yang juga ahli ekonomi ini. Kita tentunya tidak ingin kemajuan bangsa ini terlambat karena adanya perselisihan antar anak bangsa. Sudah seharusnya segenap anak bangsa saling membantu untuk memajukan negara bukan saling bertikai.

Para elit politik harus menjadi contoh masyarakat untuk menciptakan keteduhan bangsa ini. Terlebih lagi dengan persaingan global yang makin sengit maka kegaduhan-kegaduhan politik harus diminimalisir. Kita harus berkaca ke negara lain yang dapat menciptakan keteduhan politik untuk membangun negaranya.

Eddy mengatakan dalam menciptakan keteduhan politik nasional para elit politik harus menyingkirkan kepentingan pribadi dan parpolnya untuk kepentingan nasional. Banyak komentar miring mengenai elit politik yang selalu mementingkan kepentingan pribadinya saja.

Sebaiknya para wakil rakyat sadar dan segera menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Mereka harus segera menghentikan kegaduhan politik dan mulai menyejahterakan rakyat. Masyarakat Indonesia semakin cerdas. Mereka akan menilai sendiri elit politik mana yang hanya membuat gaduh negara ini. Tentunya elit politik tersebut akan mendapatkan hukuman dari masyarakat.

[mrh]