Eddy Soeparno

Pilkada 2017, PAN Targetkan Sapu Bersih Tujuh Provinsi

JAKARTA, KOMPAS.comPartai Amanat Nasional (PAN) memasang target tinggi di ajang pemilihan kepala daerah serentak 2017. Hal ini karena PAN ingin memenangi Pilkada di tujuh provinsi sekaligus.

“Kami punya target di tahun 2017 PAN akan menyapu bersih tujuh provinsi yang menggelar pilgub secara serentak, entah calon tersebut dari kami, internal PAN, atau orang lain yang kami usung,” kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Untuk meraih target tersebut, PAN akan cermat dalam menentukan calon yang diusung. PAN mengadakan survei internal di tujuh provinsi untuk mengukur elektabilitas calon.

Di Provinsi Gorontalo dan Papua Barat, PAN sudah memutuskan untuk mengusung calon sendiri. Di Aceh, PAN memutuskan mengusung tokoh masyarakat di sana.

Sementara di empat provinsi lainnya, yakni Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat dan DKI Jakarta, PAN masih menimbang-nimbang calon yang tepat untuk diusung.

“Yang pasti kami harus realistis karena calon yang kami usung harus kami lihat dahulu dari survei internal kami dan bagaimana elektabilitasnya,” ucap Eddy.

Sementara di pemilu 2019, PAN menargetkan adanya peningkatan kursi di DPR. Pada Pemilu 2014, PAN menempati peringkat lima dengan 49 kursi di parlemen. Di Pemilu 2019, PAN ingin menambah 10 kursi lagi.

“Minimal kita targetkan akan mendapat 56 kursi. 56 kursi masih realistis, tapi kita mencoba mendapatkan 65-70 kursi,” kata dia.