Eddy Soeparno

Pilgub Jabar: PAN Usulkan Deddy Mizwar Didampingi Ketua Kadin Jabar

tirto.id – Partai Amanat Nasional (PAN) mengusulkan Ketua Kadin Jawa Barat Agung Suryamal sebagai pendamping Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) di Pilgub Jabar 2018.

Hal ini disampaikan oleh Sekjen PAN Eddy Soeparno. Menurut dia, sosok ideal Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang akan mendampingi Deddy adalah dari kalangan birokrat atau pengusaha.

“Ada Agung Suryamal Ketua Kadin Jabar misalnya,” kata Eddy saat dihubungi Tirto, pada Kamis (26/10/2017).

Menurut Eddy, nama Agung dipertimbangkan oleh PAN setelah Walikota Bogor Bima Arya menolak dicalonkan sebagai Cawagub Jabar karena ingin tetap memimpin kota Bogor.

“Pak Bima tetap di Bogor,” kata Eddy.

Saat ini, menurut hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI), elektabilitas Agung masih sebesar 2,5 persen. Meskipun begitu, angka itu naik signifikan dibanding bulan Juli lalu yang sebesar 0,5 persen. Peningkatan tersebut karena Agung mulai mengenalkan dirinya sebagai calon pemimpin Jabar melalui situs pribadinya Agungsuryamal.com.

Selain PAN, PKS telah mengajukan nama Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu sebagai pendamping Demiz. Namun, Eddy yakin peluang untuk Agung masih terbuka sebagai pendamping Demiz.

“Proses masih berjalan. Semua opsi terbuka,” kata Eddy.

Rabu kemarin (25/10/2017), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah memastikan dukungan partainya kepada Demiz sebagai Cagub Jabar 2018. Zulkifli berjanji PAN akan segera mengeluarkan surat rekomendasi.

Saat ini, kata Eddy, PAN telah menjalin komunikasi intensif dengan partai-partai yang berpotensi mendukung Demiz guna memenuhi kuota kursi persyaratan berkontestasi di Pilgub Jabar. PAN butuh berkoalisi sebab cuma memiliki 4 kursi di DPRD Jawa Barat. Artinya PAN perlu tambahan 16 kursi agar bisa mengusung pasangan Cagub-Cawagub di Pilgub Jabar.

“Kami sedang komunikasi dengan parpol yang berpeluang mendukung Demiz dan berencana deklarasi ketika kendaraan parpol tercukupi untuk mengusung Demiz dan cawagubnya,” kata Eddy.

Tidak heran, Agung Suryamal dan Deddy Mizwar memenuhi undangan PDIP di acara Silaturahim dan Curah Gagasan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Hotel Horizon, Kota Bandung, pada Rabu kemarin. Mereka dua dari 8 kandidat yang juga hadir di acara itu.

Selain Agung dan Deddy, enam tokoh lain yang juga memenuhi undangan PDIP ialah Bupati Purwakarta sekaligus Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi, Bupati Majalengka Sutrisno, Mantan Kapolda Jabar Anton Charliyan, dan Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa. Dua kandidat lainnya adalah anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Guntur Puti Soekarno Putri, Sekretaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana

PDIP merupakan satu-satunya partai di Jawa Barat yang bisa mengusung kadidat Cagub-Cawagub di Pilgub Jabar 2018 tanpa berkoalisi sebab memiliki 20 kursi di DPRD Jabar.