Eddy Soeparno

Pesona Indonesia: Peluang untuk Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) RI menyebut potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif cukup prospektif di masa mendatang. Sektor ini diyakini akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di tanah Air.

Kemenkraf memproyeksikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini akan mencapai 8.637.275 orang dengan pertumbuhan sebesar 7,37%. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi dunia pariwisata di Indonesia. Dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai buah dari usaha ekonomi nasional yang mandiri, mengembangkan industri pariwisata beserta industri kreatifnya merupakan suatu keharusan. Pengembangan industri ini sangat dimungkinkan mengingat begitu kayanya Indonesia dengan banyaknya ragam pesona, mulai dari alam, sejarah, hingga budaya.

Hal ini juga yang menjadi perhatian Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno. Menurutnya, ragam pesona bangsa dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia tersebut harus dikembangkan dengan baik. Lebih dari itu, bangsa Indonesia juga memiliki generasi muda yang luar biasa. Ini semakin membuka peluang pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia dari sektor pariwisata. Dengan kekayaan pariwisata yang dimiliki Indonesia dan pembangunan ekonomi kreatif yang masif, Eddy meyakini tindakan ini akan menjadikan usaha ekonomi nasional yang mandiri dan berkemajuan. Kata Eddy, kegiatan ekonomi kreatif juga memberikan nilai tambah bagi produk-produk tanah air. Oleh sebab itu ia mengajak seluruh anak muda Indonesia agar mau berkreasi dan berkolaborasi untuk mewujudkan pesona Indonesia yang luar biasa.

Untuk mendukung kegiatan wisata dari daerah-daerah di Indonesia, tentunya pemerintah juga harus memberikan fasilitas yang memadai, sehingga menarik minat para wisatawan untuk berkunjung di tempat-tempat wisata seluruh Indonesia. Hal-hal yang harus disiapkan antara lain ialah atraksi atau objek yang ditawarkan, transportasi dan infrastruktur, Akomodasi yang memadai, serta pelayanan umum lainnya saat berwisata, seperti kuliner-kuliner khas nusantara dan perkenalan budaya-budaya di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan ke depannya ekonomi kreatif masyarakat Indonesia dapat semakin berkembang melalui kekayaan pariwisata yang dimiliki Indonesia.