Eddy Soeparno

Pesan Sekjen PAN untuk Anak Muda Indonesia

Bonus demografi yang dialami oleh Indonesia harus dimanage dengan baik, jangan sampai hal itu malah menjadi permasalahan baru yang dialami oleh negara. Perkembangan anak muda Indonesia yang semakin besar ini harus diwaspadai, jangan sampai anak muda Indonesia hanya menjadi konsumen atau penonton dalam persaingan global yang terjadi saat ini. Salah satu pemimpin visioner di Indonesia yaitu Bapak Eddy Soeparno Sekertaris Jenderal PAN berpesan kepada anak muda Indonesia yang disampaikan beliau pada suatu diskusi.

Anak muda itu yang pertama harus kerja keras untuk mewujudkan mimpinya. Masa muda adalah masa yang rawan untuk kesuksesan seseorang, apabila masa muda tidak kerja keras maka kelak sewaktu tua akan mengalami kesusahan. Sifat kerja keras itu harus dimulai dari muda, Jangan sampai anak muda Indonesia mengalami kesusahan pada waktu tuanya nanti. Untuk itu, sedari muda harus kerja keras untuk menggapai cita-citanya.

Menjadi orang progresif harus dilakukan oleh anak muda Indonesia untuk menjawab tantangan ke depan. Kondisi anak muda di negara lain sudah sangat maju, mereka berlomba-lomba untuk menghasilkan sebuah karya untuk negaranya. Di negara Indonesia juga anak mudanya sudah mulai mengikuti pergerakan zaman, mereka banyak menciptakan peluang-peluang usaha untuk meningkatkan taraf hidupnya. Anak muda Indonesia banyak bergerak dalam UMKM dan ekonomi kreatif, kegiatan anak muda seperti itu harus dicontoh oleh seluruh pemuda Indonesia. Berfikiran kreatif dan inovatif adalah kunci untuk menjadi seorang progresif, kita bisa lihat bagaimana dulu perusahaan raksasa seperti Kodak bisa lenyap seperti dinasaurus karena mereka kurang progresif dalam menatap masa depan. Ke depan diharapkan anak muda Indonesia lebih mengembangkan potensi  yang dimilikinya untuk membangun negeri ini dan diharapkan pemerintah lebih memperhatikan kegiatan-kegiatan anak muda agar nantinya pemuda kita bisa lebih progresif dalam menatap masa depan.

Pintar management adalah hal yang harus dimiliki oleh anak muda untuk meraih kesuksesan. Management yang harus dilakukan mencakup banyak hal bukan hanya dalam segi pekerjaan tapi management diri juga sangat dibutuhkan. Salah satu bentuk dari management diri adalah management waktu, pemuda harus bisa membagi waktu. Selagi muda kita harus bisa membagi waktu, mana waktu untuk belajar, bermain, menjalankan hobi dan lain-lain. Saat muda itu banyak godaannya jadinya harus pandai-pandai dalam membagi waktu jangan sampai semasa muda diisi oleh kegiatan yang tidak produktif. Management yang matang jelas sangat membantu seseorang untuk mencapai target yang dingin dicapai, belajar management dari muda sangat dianjurkan karena management sangat dibutuhkan dalam dunia usaha dan kerja nantinya.

Pesan yang disampaikan Bapak Eddy Soeparno kepada anak muda Indonesia, penulis kira sangat tepat dan berguna untuk meningkatkan potensi pemuda Indonesia. Setiap pemuda Indonesia memang harus memiliki apa yang disampaikan oleh Bapak Eddy Soeparno terlebih lagi dimasa yang terbuka ini setiap orang bisa mencapai kesuksesannya apabila dilandasi oleh kerja keras, menjadi progresife dan pintar management. Selain berpesan ternyata Bapak Eddy Soeparno memiliki rencana untuk mendukung kegiatan anak muda, dia akan membuat seperti rumah kreatif anak muda di daerah Cirebon. Tempat kreatif yang akan dibuatnya ini akan difungsikan mendorong dan mengembangkan potensi anak muda Indonesia. Pesan yang disampaikan oleh Eddy Soeparno harus dilaksanakan oleh anak muda Indonesia untuk menjawab persaingan global sekarang.

Oleh Yumna Ar Rahma