Eddy Soeparno

Pemuda Motor Penggerak Kemajuan Peradaban Bangsa

Sepertinya sudah menjadi maklumat bersama bahwa peranan pemuda dalam pembangunan bangsa atau bahkan peradaban sekalipun, bukan hal yang terelakkan lagi. Pemuda memiliki kekuatan tersendiri yang tidak dimiliki generasi lainnya.

Pemuda bukan sekadar generasi penerus tongkat estafet perjalanan bangsa, bahkan lebih dari itu mereka sudah memiliki tanggung jawab tersendiri terhadap kemajuan bangsa ini. Artinya, pemuda tidak perlu menunggu kapan tongkat estafet itu diberikan.

Semua itu mencerminkan bahwa peranan pemuda memang sangat besar sekali dalam bangsa ini. Mereka tidak menunggu tongkat estafet itu diberikan, atau hanya menunggu bola saja. Mereka bergerak berdasarkan nurani dan jiwa kepemudaan mereka sendiri.

Sekarang di tengah putaran roda pembangunan bangsa ini, ruh pemuda seperti itu sangat dibutuhkan kembali. Pergerakan-pergerakan pemuda untuk membangun bangsa ini sangat dinantikan. Namun bukan berarti gerakan pemuda Indonesia sekarang mengalami kebekuan. Tentu saja masih ada kelompok-kelompok pemuda yang mau bergerak. Akan tetapi pergerakan yang diharapkan itu adalah pergerakan yang lebih cerdas dan bermartabat.

Melihat kondisi seperti saat ini Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno mengatakan kita dipersatukan oleh sejarah karena perasaan kita sebagai bangsa yang terjajah dan keinginan kita ingin merdeka. Sejarah mencatat, kemajuan sebuah peradaban ditentukan oleh kehadiran kelompok muda yang kritis dan memiliki tradisi intelektualitas dan kreatifitas. Menengok sejarah keberhasilan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, para pemuda tak pernah berhenti memberi kontribusi sekuat mereka bisa. Sudah berapa besar tengah, harta, dan waktu yang telah mereka korbankan.

Perjuangan panjang yang membuktikan esksitensi generasi muda sebagai pelopor pergerakan nasional menuju kemerdekaan Indonesia. Namun seiring dengan dinamika perkembangan politik, sosial, dan budaya di Indonesia peranan generasi muda mengalami pasang surut.

Generasi muda merupakan generasi penerus yang eksistensinya sangat menentukan langkah kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia ke depan. Sebagai generasi penerus, pemuda diharapkan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Peran generasi muda sangat menentukan dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Eddy menjelaskan bahwa hal yang realistis jika pemikiran kritis dan kreatif dengan dilandasi oleh idealisme anak-anak muda saat ini mampu menjadi pemantik pergerakan dan peradaban Indonesia. Merekalah yang kemudian menjadi tonggak awal dalam melihat realitas sebagai suatu konstruksi sosial yang progresif dan revolusioner.

Umumnya sikap kritis tumbuh subur dalam jiwa seorang pemuda yang memiliki kepedulian tinggi terhadap peran dan tanggung jawabnya. Itulah mengapa, pemuda menjadi sensitif terhadap isu sosial dan tidak luput dalam menilai setiap kebijakan pemerintah. Sejauh ini, bentuk nyata kritis pemuda dituangkan dalam aksi demo, menyampaikan aspirasinya terhadap penolakan atau tuntutan kepada pemerintah. Harapan Eddy kepada generasi muda sekarang adalah membentuk gerakan-gerakan intelektual yang menjunjung tinggi moral. Bentuk kongkrit dari gerakan intelektual dan bermartabat itu akan tergambar jelas ketika kita menganologikannya dengan proses terbentuknya suatu peradaban.

Menanggapi hal ini, Eddy Soeparno, politisi yang aktif dalam mengembangkan potensi anak muda, mengajak para pemuda untuk memiliki tradisi berpikir kritis, memiliki peranan strategis dalam mengokohkan jati diri bangsa. Menjadi sebuah bangsa yang memegang teguh jati diri merupakan cita-cita besar yang patut di perjuangkan. Bangsa yang setiap elemen masyarakatnya memegang teguh jati diri tidak akan kehilangan arah dalam berkehidupan dan terombang-ambing dalam permainan politik global.

[mhd]