Eddy Soeparno

Pemerintah Diminta Tanggapi Serius Lonjakan Harga Cabai

SINDONEWS.COM, CIREBON – Lonjakan harga cabai yang semakin meresahkan masyarakat bawah dinilai harus menjadi perhatian serius pemerintah. Pasalnya pada beberapa daerah kenaikan komoditas yang menjadi kebutuhan umum semua masyarakat ini telah terjadi dalam satu bulan terakhir, ketika harga cabai sempat menembus sekitar Rp160.000 per kilogram (Kg).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, M Eddy Soeparno mendesak pemerintah untuk bisa menjaga stabilitas harga kebutuhan masyarakat di pasaran‎. “Saya kira pemerintah harus mampu menjaga stabilitas harga, agar masyarakat tidak terlalu mengalami kesulitan,” katanya saat meninjau langsung di Pasar Induk Jagasatru, Kota Cirebon, Rabu (11/1/2016).

Menurutnya dari banyak daerah terus mengeluhkan kenaikan beberapa kebutuhan pokok yang semakin melambung hingga menambah beban hidup masyarakat. Dikhawatirkan jika kondisi ini tetap berlangsung, maka akan menggerus daya beli hingga mempengaruhi perekonomian.

Kondisi ini menjadi perhatian serius dari DPP PAN hingga membuat Eddy turun langsung meninjau harga-harga kebutuhan masyarakat, di Pasar Induk Jagasatru Kota Cirebon. Setibanya di Pasar Jagasatru, dia mendatangi beberapa pedagang kebutuhan masyarakat, termasuk sayur mayur.

Hasilnya, diketahui harga beberapa kebutuhan masyarakat mengalami kenaikan. “Saya ingin mengetahui langsung kondisi di pasar. Komoditas apa saja yang harganya meningkat,” ungkap dia.