Eddy Soeparno

Pembangunan Infrastruktur untuk Pertumbuhan Ekonomi

Pembangunan infrastruktur adalah upaya memperkuat landasan bagi terciptanya pertumbuhan ekonomi. Keduanya memiliki hubungan erat dan saling ketergantungan satu sama lain. Pembangunan Infrastruktur dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya pertumbuhan ekonomi sendiri juga menjadi tekanan bagi infrastruktur.

Perbaikan dan peningkatan infrastruktur pada umumnya akan dapat meningkatkan mobilitas penduduk, terciptanya efisiensi biaya, waktu, dan tenaga. Ketersediaan infrastruktur yang memadai sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan pemerintahan, perekonomian, industri, dan kegiatan sosial masyarakat lainnya.

Salah satu infrastruktur yang saat ini sedang gencar dilakukan oleh pemerintah adalah megaproyek Tol Trans-Jawa. Tol ini merupakan lintasan yang akan menghubungkan Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tol Trans-Jawa sepanjang kurang lebih sekitar 1.000 kilometer tersebut melanjutkan jalan-jalan tol yang sekarang sudah ada, seperti Tol Cikampek, Cirebon, Semarang dan Surabaya. Dengan ruas jalan tol yang akan dibangun sepanjang 642,56 Km, megaproyek tersebut ditargetkan selesai seluruhnya pada tahun 2018 mendatang. Megaproyek Tol Trans-Jawa juga masuk dalam program prioritas yang fokus pada pembangunan konektivitas.

Dalam pandangan Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno, pembangunan Tol Trans-Jawa dapat memberikan sejumlah dampak positif, khususnya bagi sektor ekonomi, logistik, dan transportasi. Perannya sebagai penunjang di sektor perekonomian akan menjadi pendorong berkembangnya sektor-sektor terkait sebagai multiplier. Pembangunan infrastruktur ini sangatlah penting dalam upaya pemerataan pembangunan di seluruh pelosok Tanah Air.

Eddy berharap semoga ke depan, pembangunan megaproyek Tol Trans Jawa dapat berjalan lancar dan sesuai dengan target. Keberadaan tol ini diyakini akan mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia yang lebih cepat dan memberikan askesibilitas yang lebih baik kepada masyarakat. Secara tidak langsung akan mengurangi ketimpangan antar kota dengan desa, antar daerah, dan antar wilayah. Infrastruktur berkonstribusi dalam meningkatkan produktivitas dan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang.