Eddy Soeparno

Parpol Pendukung Pemerintah Tak Harus Satu Suara di Pilkada DKI

JawaPos.com – Para partai politik pendukung pemerintahan semuanya mendukung pasangan petahana calon gubernur-wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat. Lantas apa yang menyebabkan Partai Amanat Nasional (PAN) tidak mendukung Ahok-Djarot malah mendukung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno memberikan penjelasan kenapa partainya mendukung pasangan nomor urut 3 ini di Pilgub DKI Jakarta.

“Sebagai parpol pendukung pemerintah, parpol pendukung pemerintah adalah yang mendukung kebijakan pemerintah, misalnya legislasi DPR, kita juga mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah dari segi pembangunan infrastruktur, dan kita minta seluruh kader-kader PAN di DPRD Provinsi Kabupaten Kota, untuk melakukan dukungan itu,” ujar Eddy saat dikonfirmasi, Kamis (23/3).

Menurut Eddy, koalisi itu tidak berlaku pada Pilgub DKI. Bahkan tidak ada aturan yang menyebutkan partai pendukung pemerintah harus satu suara di mendukung pasangan Ahok dan Djarot.

“Tetapi yang namanya pilkada saya kira itu mungkin tidak serta merta konteks dikatagorikan sebagai konteks dukungan terhadap pemerintah. Karena ini adalah masalah independesi dari keputusan yang dilakukan oleh partai itu sendiri,” katanya.

Sementara itu, menurut Eddy pemerintah juga tidak boleh mengintervensi dukungan PAN ini terhadap Anies dan Sandiaga Uno. Pasalnya PAN juga telah meminta izin kepada Presiden Joko Wododo (Jokowi) untu tidak bersama-sama dengan partai pemerintah mendukung Ahok dan Djarot.

“Oleh karena itu keputusan yang sebaik-baiknya dilakukan oleh PAN dan dihormati seluruh elemen dalam hal ini adalah pemerintah,” pungkasnya.

Sebelumnya, PAN telah mendeklarasikan diri mendukung pasangan calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Ketua Umum Zulkifli Hasan berharap, jika pasangan tersebut menang, maka harus mencontoh matahari. Di mana selalu menerangi manusia di seluruh dunia tanpa kenal pamrih.

“Pesan saya, jadilah matahari karena matahari selalu memberi, matahari selalu menyinari, dan matahari tidak pernah ingkar janji,” ujar Zulkifli di DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta, Rabu (22/3).

Lebih lanjut Zulkifli mengaku yakin jika pasangan yang diusungnya akan membawa kemajuan dan kesejukan bagi Jakarta. Sebab kata dia, Anies dan Sandiaga akan mampu menjadi pemimpin yang merekatkan bukan meretakkan.