Eddy Soeparno

PAN Resmi Deklarasi Dukung Anies-Sandi Hari Ini

Jakarta, CNN Indonesia — Partai Amanat Nasional akhirnya menetapkan dukungan kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno di putaran dua Pilkada DKI Jakarta. Dukungan itu akan dideklarasikan secara resmi sore ini, Rabu (22/3), di Kantor DPP PAN di Jalan Senopati, Jakarta Selatan.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan alasan utama partai mendukung Anies-Sandi karena melihat ada kesamaan visi dan misi.

“PAN melihat kesamaan visi, misi dan program, serta menghendaki cagub (dan cawagub) yang santun,” kata Eddy kepada CNNIndonesia.com.

Dengan deklarasi dukungan pada Anies-Sandi, Eddy menegaskan, PAN ingin menunjukkan sikap politik yang jelas di Pilkada DKI Jakarta.

Dia berharap keputusan partai dipatuhi oleh seluruh elemen PAN di DKI Jakarta, termasuk sayap partai untuk menghendaki keputusan tersebut.

“PAN hendak menunjukkan sikap politik yang jelas dalam Pilkada DKI agar seluruh konstituen dan kader memahaminya,” kata dia.

Sementara itu Anies Baswedan menghormati keputusan PAN atas dukungan tersebut. Keputusan tersebut, menurut Anies, menunjukkan bahwa PAN mendukung pembaruan di DKI Jakarta.

Anies meyakini dukungan PAN tak hanya untuk 19 April 2017 atau saat hari pencoblosan, melainkan akan berlanjut jika dirinya dan Sandi terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Setiap kali ada tambahan dukungan itu membuat kami lebih luas lagi dan kami bekerja serta menambah dukungan untuk kebaruan Jakarta,” ujar Anies.

PAN merupakan salah satu anggota Poros Cikeas yang mendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di putaran pertama.

Selain PAN, Poros Cikeas juga terdiri dari Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan versi Romarhumuziy, dan Partai Demokrat. (wis/pmg)