Eddy Soeparno

PAN Putuskan Dukungan di Putaran Kedua Usai KPU DKI Resmi Umumkan Hasil Pleno

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) sampai saat ini belum secara resmi memberikan dukungan terhadap dua pasangan calon yang dipastikan lolos ke putaran kedua Pilgub DKI Jakarta 2017. Dua paslon yang lolos diantaranya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN, Eddy Soeparno mengatakan, pihaknya baru akan mengumumkan arah dukungan pada putaran kedua setelah KPU DKI mengumumkan hasil pleno rekapitulasi suara secara resmi. KPU DKI baru akan mengumumkan pada 3-4 Maret, bila tak ada yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ya kita (PAN) kalau enggak Anies-Sandi ya Ahok-Djarot. Kita tunggu setelah ini saja, setelah KPU resmi umumkan hasil pleno,” kata Eddy ketika berbincang dengan Okezone, Senin (27/2/2017).

Seperti diketahui, PAN sudah menjalin komunikasi dengan dua pasangan calon yang tersisa dalam beberapa waktu lalu. Eddy mengaku telah ditemui oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Tak hanya itu, Eddy bahkan sempat nonton bareng (nobar) dengan Sandiaga di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Menurut Eddy, pertemuan dengan perwakilan dua paslon tersebut belum menghasilkan keputusan mengenai arah dukungan pada pesta demokrasi lima tahunan ini. Namun, orang nomor dua di partai berlambang matahari itu menyebut pertemuan-pertemuan itu sebagai komunikasi politik.

“Ya itu juga sebagai komunikasi politik yang kita rencanakan. Meskipun dengan kondisi yang lebih santai dan membicarakan kondisi politik dan pilkada,” tandasnya.