Eddy Soeparno

PAN-Poros Cikeas Sudah Berembuk Sebelum Dukung Anies-Sandi

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut sudah berembuk dengan partai koalisi pendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni sebelum menentukan sikap di putaran kedua Pilgub DKI. Poros Cikeas memutuskan tiap partai bebas menentukan sikap masing-masing.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pun mengakui sudah membujuk partai di ‘Poros Cikeas’ untuk mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Namun, keputusan politik sudah barang tentu di masing-masing partai.

“Ya ngajak. Pada saatnya nanti partai-partai itu akan mengambil keputusan,” kata Zulkifli di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu 22 Maret 2017.

Sementara itu Sekjen PAN Eddy Soeparno menyatakan, PAN tetap menghormati apapun pilihan politik parpol di poros Cikeas. Hal itu menurutnya sebagai bagian dari hak dan independensi partai.

Dia yakin partai di poros Cikeas punya pertimbangan sendiri dalam menentukan sikap politik di putaran kedua Pilgub DKI. “Kita selalu bertukar pikiran. Kita sharing dengan parpol lainnya, kita hormati apa yang diputuskan teman-teman tersebut,” kata Eddy.

PAN bulat mendukung pasangan Anies-Sandi di putaran kedua Pilgub DKI yang diusung Gerindra dan PKS. Sebelumnya, diputaran pertama PAN merupakan pengusung AHY-Sylvi bersama Demokrat, PPP, dan PKB.

Dibanding partai koalisi di Poros Cikeas, PAN jadi yang pertama kali mendeklarasikan dukungan buat kandidat Pilgub DKI di putaran kedua.

(SUR)