Eddy Soeparno

PAN Pilih yang Gandeng Kadernya di Pilgub Jatim 2018

Jakarta, Detik.com – PAN belum memutuskan siapa yang akan diusungnya di Pilgub Jawa Timur 2018. Antara Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa sebagai cagub, PAN menyatakan akan memilih pihak yang turut menggandeng kadernya.

“Kita lihat sekarang sudah terjadi kristalisasi atas dua calon yang bisa maju, Gus Ipul dengan Bu Khofifah. Tetapi kita tidak menafikan kalau seandainya Bu Risma maju,” ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno saat dimintai tanggapan soal Pilgub Jatim di gedung KPK, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (1/9/2017).

Dalam beberapa kali kesempatan, PAN memang kerap menyebut nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani sebagai salah satu tokoh yang masuk radar mereka untuk Pilgub Jatim. Meski begitu, Risma sudah berkali-kali mengatakan keengganannya maju dalam pilgub.

Eddy mengatakan PAN sudah menjalin komunikasi dengan para bakal calon yang namanya sudah muncul ke publik. PAN pun kembali mempromosikan kadernya untuk dipertimbangkan sebagai bakal calon di Pilgub Jatim, yakni eks Bupati Lamongan Masfuk.

“Untuk Jatim, kita punya kader yang mumpuni, namanya Pak Masfuk, Bupati Lamongan dua kali, sekarang menjabat Ketua DPW PAN untuk Jatim,” kata Eddy.

PAN akan mempertimbangkan memilih Gus Ipul atau Khofifah bila ada yang menggandeng Masfuk. Menurut Eddy, para bakal calon sudah banyak yang berkomunikasi dengan Masfuk terkait Pilgub Jatim.

“Jika di antara mereka kemudian berkenan untuk menggandeng Pak Masfuk, tentu kembali lagi perhatian kita akan kita tujukan kepada cagub yang bersangkutan,” terang dia.

“Banyak (yang sudah berkomunikasi), semua. Pak Masfuk itu orangnya sangat supel, sangat dikenal, sangat ramah, sehingga dia dalam menjalin komunikasi politik juga sangat-sangat rajin,” imbuh Eddy.

Hanya, Eddy belum bisa memperkirakan siapa di antara Gus Ipul dan Khofifah yang merapat ke pihaknya. Gus Ipul sendiri sudah dipastikan diusung oleh PKB.

“Pokoknya siapa yang mau menggandeng kader PAN, itulah yang akan kita perhatikan,” tegas Eddy.

Sebelumnya Eddy juga sudah menyebut nama Masfuk. PAN menyiapkan Masfuk sebagai bakal cawagub Jatim.

“Kita akan mencoba mendorong mantan Bupati Lamongan dua periode Pak Masfuk sebagai kader yang berpeluang menduduki posisi calon wakil gubernur (cawagub),” ungkap Eddy, Rabu (23/8).