Eddy Soeparno

PAN : Penindasan Etnis Rohingya Suatu Kejahatan Kemanusiaan yang Sangat Keji


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kecaman terkait penindasan terhadap etnis Rohingya di Myanmar datang dari beragam kalangan, termasuk partai politik.

Sekjen PAN, Eddy Soeparno mengatakan pembantaian terhadap etnis Rohingya sebagai kejahatan kemanusiaan.

“Rohingya adalah suatu kejahatan kemanusiaan yang sangat keji,” kata Eddy Soeparno, Sabtu (2/9/2017).

Untuk itu, ia mendesak agar pemerintah Indonesia dan semua organisasi keumatan harus tegas mengambil sikap terkait konflik di Myanmar tersebut.

“Bahkan suara-suara hak asasi manusia harus tegas bersikap jadi kita tidak memandang agamanya saja tapi kejahatan kemanusiaannya,” kata dia.

Eddy Soeparno ‎menambahkan harus ada kebersamaan termasuk pemerintah untuk segera bersikap dan tidak mentolerir karena penindasan di Rohingya adalah hal terkutuk.

‎Seperti diketahui, belakangan beredar foto-foto yang memperlihatkan pembakaran di desa-desa yang ditinggal warga Rohingya.

Selain pembakaran, ada juga aksi pembunuhan pada ratusan warga Rohingya di Desa Chut Pyin yang diduga dilakukan aparat keamanan Myanmar dan kelompok pengamanan swakarsa.

PBB mengatakan hampir 40.000 warga Rohingya mengungsi ke Banglades.

Aksi ini dipicu ‎serangan milisi Rohingya terhadap beberapa pos keamanan pekan lalu, yang kemudian dibalas dengan aksi militer pemerintan Myanmar.