Eddy Soeparno

PAN Nilai Ridwan Kamil Tergesa-Gesa Pilih Partai Nasdem

JawaPos.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sudah memutuskan langkahnya untuk dipinang Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dalam hajat Pilgub Jawa Barat 2018 nanti.
Sekertaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menilai langkah yang diambil oleh Ridwan Kamil dianggap terlalu buru-buru. Pasalnya, kursi Partai Nasdem ‎di DPRD Jawa Barat hanya mendapatkan lima, sehingga membutuhkan koalisi dengan partai lain untuk bisa maju di Pilgub Jawa Barat.

“Pak Ridwan Kamil mendeklarasikan dirinya ke satu partai (Partai Nasdem) terkesan dadakan, padahal membutuhkan komunikasi dengan segenap partai,” ujar Eddy di DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta, Rabu (‎3/5) malam.

Eddy mengakui partainya kini tengah membidik tiga calon yang menjadi target untuk diusung di Pilgub Jawa Barat. Mereka adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Karenanya sampai saat ini PAN sedang melakukan survei calon mana yang memiliki elektabilitas tinggi.

“PAN masih melakukan evaluasi. Tapi PAN sedang dengan capaian yang dilakukan Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi, dan Deddy Mizwar,” katanya.

Sementara Eddy mengaku yakin pasangan yang diusungnya kelak di Pilgub Jawa Barat akan menang. Karena secara tidak langsung berdampak dari hasil Pilgub DKI Jakarta. Di mana hasil dari Pilgub DKI Jakarta pasangan yang dijagokan PAN yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno berhasil menang m‎elawan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

“Pilgub DKI akan memberikan efek yang berkelanjutan di Pilgub Jawa Barat,” pungkasnya.