Eddy Soeparno

PAN Luncurkan Kegiatan Safari Kebangsaan Episode 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PAN meluncurkan kegiatan safari kebangsaan merajut kebhinekaan atau yang disingkat menjadi Sabang Merauke. Ketua Fraksi PAN Mulfachri Harahap menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, para petinggi partai akan mengunjungi sejumlah kota di Pulau Jawa mulai 4-14 Mei 2016.

Ada sembilan kabupaten/kota yang akan dijelajahi selama Sabang Merauke, dimulai dari Serang, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan, Semarang, Solo, Bojonegoro, Surabaya dan Malang.

Mulfachri menyebut, tujuan utama Sabang Merauke adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung. Selanjutnya, aspirasi yang berhasil diserap akan diperjuangkan PAN melalui akses politik yang dimiliki.

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilakukan selama Sabang Merauke di Serang antara lain dialog dengan para kepala desa, dialog tentang bahaya narkoba dengan siswa sekolah, dan mengunjungi pusat kerajinan gerabah. “Kegiatan ini untuk lebih mendekatkan PAN sebagai sebuah entitas politik pada masyarakat,” ujarnya dalam peluncuran Sabang Merauke di Kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Ahad (1/5).

Ia menjelaskan, waktu pelaksanaan Sabang Merauke sengaja disamakan dnegan masa reses anggota DPR RI. Tujuannya agar semua anggota DPR dari daerah pemilihan yang akan dilewati Sabang Merauke dapat menjadi fasilitator dalam kegiatan tersebut.

Mulfachri memastikan, Sabang Merauke yang akan dilakukan PAN bukan sekadar agenda musiman semata. Sebab, menurutnya partai sudah mulai merencanakan Sabang Merauke Episode II yang rencananya akan dilakukan dengan berkeliling Sumatra pasca-Hari Raya Idul Fitri.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menambahkan, Sabang Merauke merupakan salah satu rangkaian kegiatan jelang Rakernas kedua PAN yang akan digelar pada akhir Mei mendatang. Aspirasi yang berhasil selama tur keliling Jawa tersebut akan disampaikan pada semua peserta Rakernas.