Eddy Soeparno

PAN Klaim Menang di 51 Daerah dalam Pilkada Serentak 2017

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan Pilkada serentak 2017 yang digelar pada 15 Februari lalu sebagai kesuksesan. Pasalnya, meski belum ada hasil penghitungan resmi dari KPU, partai berlambang matahari putih itu yakin telah meraih kemenangan di 51 daerah.

“Dari 94 paslon yang diusung, PAN menang di 51 daerah,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga di Kantor DPP PAN, Minggu 19 Februari 2017 sebagaiman dilansir dari JPNN.com.

Ia menambahkan, meski ada sejumlah daerah yang masih bersengketa terhadap hasil pilkada, sebaiknya persoalan itu diselesaikan secara konstitusional sesuai mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, ia berharap, agar para pihak yang memenangkan kontestasi dapat menjalankan amanah secara baik. ”Pilkada adalah jalan efektif untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat, bukan political game yang bersifat zero sum game,” ujarnya.

Lebih jauh, Viva mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu yang mampu menyelenggarakan pilkada secara baik. Di samping itu, ia juga mengapresiasi kerja keras TNI/Polri yang berhasil menjaga ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pilkada.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno menyatakan, pihaknya hingga kini belum menentukan sikap, siapa kah yang akan didukung pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Hal itu menyusul rendahnya presentase suara pasangan calon yang mereka dukung, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, berdasarkan data hitung cepat sejumlah lembaga survei.

”Kami masih evaluasi internal. Setelah nanti melakukan komunikasi politik dengan pihak-pihak terkait, baru akan kita putuskan di dalam rapat pleno,” kata Eddy di Kantor DPP PAN.

Rapat pleno tersebut, kata Eddy, nantinya akan melibatkan Mahkamah Pertimbangan Partai dan pengurus harian DPP PAN. ”Baru setelah itu kita siapkan sikap resmi PAN,” tandasnya.

(fas)