Eddy Soeparno

PAN Buka Pendaftaran Caleg 2019

Denpasar, balipuspanews.com – Partai Amanat Nasional (PAN) sejak dini membuka pendaftaran calon anggota legislatif (Caleg), yang akan bertarung pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Pendaftaran dimaksud dibuka serentak untuk Caleg DPR RI, DPRD Provinsi serta Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

“Kita sudah buka pendaftaran. Bulan Oktober nanti kita sudah dapatkan daftar nama-nama Caleg,” jelas Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno, di sela-sela Musyawarah Daerah (Musda) DPW PAN Provinsi Bali, di Denpasar, Minggu (12/3).

PAN, kata dia, sengaja membuka lebih awal pendaftaran tersebut, agar para Caleg bisa menyiapkan diri sejak dini, sekaligus menyosialisasikan diri kepada masyarakat. “Mereka bisa menyosialisasikan diri sejak awal, turun ke tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.

Khusus untuk Pileg di daerah Bali, Eddy Soeparno menargetkan PAN bisa meloloskan lebih banyak wakilnya di DPRD Provinsi Bali dan DPRD Kabupaten/Kota. Apalagi pada Pileg 2014 lalu, PAN hanya bisa meloloskan satu wakilnya di DPRD Bali, dari Dapil Buleleng.

Pada kesempatan tersebut, berlangsung Musda untuk lima DPD PAN se-Bali, yakni DPD PAN Kabupaten Jembrana, DPD PAN Kabupaten Buleleng, DPD PAN Kabupaten Gianyar, Tabanan dan DPD PAN Kabupaten Karangasem. Musda tersebut berjalan lancar, serta berhasil memilih ketua untuk lima kabupaten.

Untuk DPD PAN Kabupaten Jembrana, terpilih Iskandar Alfan sebagai ketua. Adapun untuk empat daerah lainnya, masing-masing terpilih sebagai ketua adalah Suwandi Dwi Warsono (Buleleng), Ni Wayan Sutini (Gianyar), Gede Komang Alit Subrata (Tabanan) dan Ida Bagus Punia Baskara (Karangasem).

Sementara itu Ketua DPW PAN Provinsi Bali Ketut Jengiskan, mengatakan, Musda DPD PAN untuk lima daerah itu sengaja digelar serentak guna memudahkan konsolidasi partai. Ia menambahkan, partai yang dipimpinnya akan fokus melakukan konsolidasi guna menghadapi Pileg mendatang.

“Kita fokus pada konsolidasi. PAN menargetkan untuk meloloskan lebih banyak wakil pada Pemilu Legislatif 2019,” tegas Jengiskan.

Untuk target besar tersebut, demikian politisi asal Buleleng itu, pihaknya menyambut baik kebijakan DPP PAN mempercepat pendaftaran Caleg. Sebab dengan begitu, seluruh pengurus dan kader PAN akan didorong untuk hadir di tengah masyarakat.

“Kita ingin tunjukkan eksistensi partai, agar bisa dikenal dengan baik dan diterima oleh masyarakat,” pungkas Jengiskan, yang juga anggota Komisi II DPRD Provinsi Bali.