Eddy Soeparno

PAN: Amien Rais di Demo Ahok tak Berdampak di Pilgub DKI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais ikut dalam unjuk rasa terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama soal surah Al-Maidah ayat 51. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno mengatakan aksi Amien Rais tak ada hubungannya dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI.

“Saya tidak melihat itu ada berdampak pada hasil Pilkada DKI,” kata Eddy yang ditemui Republika.co.id, Rabu (19/10).

Eddy menambahkan Amien Rais sebagai tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh nasional melakukan unjuk rasa sebagai ekspresi keprihatinan terkait indikasi penistaan agama yang dilakukan Ahok. Jika terjadi penistaan agama, lanjutnya, siapapun termasuk tokoh nasional akan juga beraksi.

Ia menilai kasus dugaan penistaan agama tersebut, jangan dicampuradukkan dengan Pilgub DKI. Apalagi jika dikaitkan dengan pasangan calon yang juga diusung PAN yaitu Agus Yudhoyono-Sylviana Murni. Selain PAN, Agus-Sylviana juga didukung Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Calon kita (Agus-Sylviana) saja tidak menyinggung masalah ini (demo Amien Rais). Mereka terus sosialisasikan dalam memberikan gagasan dan konsep ketika mereka nanti menang pertarungan di Pilkada,” tegasnya.