Eddy Soeparno

Menurut Timeline Politik, Reshuffle Sudah Dekat!

Isu reshuffle kabinet semakin kencang, berbagai kalanganpun menanggapinya dengan beragam. Terkait permasalahan perlu atau tidaknya reshufle dilakukan menjadi bahasan publik.

Berbagai spekulasi terkait dengan waktu reshuffle pun menjadi perbincangan hangat di media konvensional maupun media sosial. Namun, jika kita melihat timeline politik kemungkinan besar reshuffle akan dilakukan pada akhir bulan Juli atau awal bulan Agustus.

Jika kita lihat, beberapa waktu lagi akan memasuki bulan Agustus dan Presiden Jokowi pada tanggal 17 Agustus bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia akan melakukan pidato kenegaraan.

Sehingga, kemungkinan besar Presiden Jokowi menginginkan Menteri yang baru juga menghadiri dan mendengarkan pidato Kenegeraan. Sehingga, para menteri dapat mendengarkan arahan dari Presiden secara langsung terkait agenda dan arah dari Pemerintahan kedepan.

Selain itu, tidak lama lagi akan memasuki bulan untuk melaksanakan rancangan anggaran untuk tahun 2017. Sehingga, kemungkinan besar Presiden menginginkan agar para Menteri yang baru dapat ikut dalam perancangan anggaran.

Menanggapi isu reshuffle yang terus bergulir, Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan telah menyerahkan sejumlah nama calon menteri kepada Presiden Joko Widodo. Namun, ia mengaku, tak mengetahui siapa saja nama yang diajukan Zulkifli.

PAN menjadi salah satu partai yang disebut-sebut akan mengirimkan kadernya untuk mengisi kursi Menteri di kabinet Jokowi. Eddy mengatakan, nama-nama calon menteri yang diajukan kepada Presiden hanya diketahui oleh Zulkifli yang melakukan komunikasi langsung dengan Jokowi.

Penyampaian nama-nama yang diajukan oleh PAN secara langsung disampaikan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat bertemu dengan Presiden Jokowi, sehingga hingga saat ini belum ada nama yang muncul di media terkait calon Menteri dari PAN. Menanggapi lebih lanjut, Eddy Soeparno mengatakan bahwa PAN telah menyiapkan kader-kader terbaiknya untuk membantu Pemerintah secara maksimal.

Oleh Nanda Herlambang