Eddy Soeparno

Memilih untuk Masa Depan Jakarta

Masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dapat menjadi titik rawan sekaligus pembelajaran bagi proses demokrasi. Karena rakyat adalah pemilik demokrasi, rakyat adalah tuan dari demokrasi, rakyat adalah penentu masa depan demokrasi, maka masa depan kehidupan suatu bangsa dan bernegara ada ditangan rakyatnya.

Pilkada yang saat ini sedang berlangsung di Tanah Air, khususnya Pilkada DKI Jakarta merupakan momentum penting dalam menentukan arah masa depan bangsa. Karena Jakarta adalah miniatur Indonesia, pusat peradaban pembangunan negeri, sekaligus barometer politik Tanah Air.

Meriahnya pesta demokrasi di ibukota menandakan tingkat partisipasi dan antusiasme warga Jakarta cukup tinggi. Maka, baik sekiranya jikalau warga Jakarta mampu mencerminkan sikap politik yang dewasa, lantaran dibalik kemeriahan tersebut terdapat sejumlah aksi yang berpotensi memecah belah NKRI.

Sudah sepatutnya bagi warga Jakarta untuk melihat secara seksama perjalanan kehidupan Jakarta sebelum menentukan pilihan. Menilai secara cerdas segala peristiwa dan jangan mudah terkecoh dengan opini yang diciptakan dan di rekayasa media. Karena pilkada adalah sarana dan kesempatan bagi warga untuk berpartisipasi dan menentukan nasib masa depan dan kehidupan Jakarta.

Seperti yang diungkapkan oleh Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno, ia mengingatkan kita agar jangan biarkan hak pilih kita menjadi sia-sia, karena satu suara dapat menentukan nasib Jakarta 5 tahun kedepan. Satu hal yang perlu diingat bahwa pilihan boleh berbeda, tetapi tujuan tetap sama, yakni perbaikan nasib untuk Jakarta agar selalu menjadi lebih baik.

Dalam hal ini, Eddy juga mengajak warga Jakarta yang sebelumnya tidak menggunakan hak pilih di bulan Februari lalu, untuk turut menggunakan hak demokrasinya pada tanggal 19 April yang akan datang. Mari menjadi pemilih cerdas, saatnya menjadi bagian untuk menentukan masa depan Ibu Kota Jakarta.

[wm]