Eddy Soeparno

Jokowi Beri Sinyal Reshuffle, PAN: Kinerja Kader Kami yang Terbaik

DETIK.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo sempat mengisyaratkan akan mengganti kembali menteri yang tidak memenuhi target. Menanggapi hal tersebut, PAN menilai reshuffle merupakan hak prerogatif Jokowi.

PAN enggan menjawab apakah partainya masih aman di pemerintahan karena mendukung Anies-Sandi di Pilgub DKI putaran kedua yang notabene diusung partai oposisi, Gerindra dan PKS. Pasalnya, PAN memiliki satu kader yang menjabat sebagai menteri di kabinet yakni Menpan-RB Asman Abnur.

“Saya belum bisa jawab apakah posisi Pak AA aman atau tidak. Bapak Presiden yang paling bijak menemukannya,” ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (25/4/2017).

Menurut Eddy, yang paling tahu posisi menteri aman atau tidak hanyalah Jokowi. Eddy menilai kinerja Asman Abnur memuaskan.

“Yang paling tahu apakah posisi tersebut aman atau tidak adalah presiden. Alhamdulillah, kinerja Pak AA termasuk yang terbaik di antara para menteri,” kata Eddy.

Sebelumnya, dalam sambutan di acara Kongres Ekonomi Umat (KEU) 2017 kemarin, Jokowi membahas soal target-target yang diberikan kepada menteri. Jokowi mengatakan tak segan mencopot menteri yang tak berhasil mencapai target.

“Saya kerja memang selalu pakai target. Pak menteri tidak pernah tanya ke saya, ‘Pak ini targetnya terlalu besar.’ Itu urusan menteri, target itu harus selesai. Kalau tidak selesai, bisa diganti, bisa digeser, bisa dicopot, dan lainnya,” kata Jokowi di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu (22/4).