Eddy Soeparno

Isu Reshuffle, PAN Hormati Hak Prerogatif Presiden Jokowi

DETIK.COM, Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi terkait dengan isu reshuffle kabinet yang mencuat. Sebab, reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden yang harus dihormati.

“Presiden-lah yang paling mengetahui kebutuhan tim yang membantunya menjalankan tugasnya sehari-hari andai kata memang dirasakan perlu adanya penyegaran kabinet,” ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno saat dihubungi detikcom, Rabu (28/12/2016).

Menurut Eddy, kader PAN yang mengisi pos menteri adalah kader terbaik. Karena itu, PAN selalu siap bila terjadi reshuffle.

“Menteri dari PAN adalah salah seorang kader PAN terbaik dan sejauh ini melakukan sejumlah terobosan di kementerian yang dipimpinnya. Kita tidak mau berandai-andai, namun saya perlu sampaikan bahwa kader PAN selalu siap untuk membaktikan tenaga dan pikiran untuk rakyat dan negara Indonesia,” katanya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sebelumnya menyebut kabar reshuffle itu sebagai rumor.

“Namanya rumor. Belum direncanakan,” kata JK di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (28/12).

Juru bicara Presiden, Johan Budi SP, mengaku belum mendengar kabar perombakan kabinet tersebut. Namun dia menegaskan reshuffle tersebut merupakan hak penuh Presiden Jokowi.

“Merombak kabinet sepenuhnya kewenangan sekaligus hak prerogatif Presiden. Saya sendiri belum pernah mendengar secara langsung dari Presiden soal ada reshuffle lagi,” kata Johan.