Eddy Soeparno

Industri Kreatif Masa Depan Indonesia

Di tengah persaingan ekonomi dunia yang semakin ketat ini, Indonesia didorong untuk menggali sumber ekonomi alternatif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Solusi alternatif adalah ekonomi kreatif, di mana saat ini dunia telah memasuki era industri gelombang keempat yaitu industri kreatif yang menempatkan kreativitas dan inovasi sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan perekonomian di era ekonomi kreatif ini digerakkan oleh industri kreatif. Di sejumlah negara, industri kreatif mampu mendongkrak perekonomian dan menciptakan lapangan kerja, selain itu juga memunculkan banyak peluang bisnis baru.

Indonesia memiliki industri kreatif dan sangat potensial dikembangkan ke depan. Potensi yang besar dilihat dari keanekaragaman budaya tiap daerah yang memiliki ciri khas masing-masing. Ini kelebihan yang tidak dimiliki negara lain selain Indonesia. Salah satu kebudayaan dan kearifan lokal tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Modal tersebut menjadi sumber kekuatan industri kreatif yang tidak dimiliki bangsa lain.

Menanggapi perkembangan industri kreatif Indonesia, Presiden Joko Widodo mengatakan industri kreatif bisa menjadi pengampu pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Pasalnya industri ini sarat akan hal-hal yang dapat di eksplorasi sedemikian rupa oleh beragam kalangan masyarakat, mulai dari kerajinan tangan, musik, hingga film. Masa depan Indonesia akan ada di industri kerajinan dan industri kreatif. Mulai dari kerajinan tangan, musik, film dan digital. Desainnya unik karena dikerjakan tangan dan kualitas cukup baik.

Senada dengan Presiden Jokowi, Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno menerangkan industri kreatif dapat menjadi sumber ekonomi bernilai tinggi dan mempunyai masa depan menjanjikan jika dikembangkan. Karena dalam industri ini terdapat faktor konten gagasan, seni, inovasi, teknologi, kekayaan intelektual yang di Indonesia cukup besar potensinya.

Guna meningkatkan lagi peran industri kreatif tanah air, Eddy menjelaskan perlu adanya beberapa program untuk pelaku industri kreatif. Program yang sangat membantu mereka adalah akses modal, akses pasar dan pelatihan. Dalam hal ini memang pemerintah telah ada Badan Ekonomi Kreatif. Untuk memajukan Industri kreatif kita. untuk menggerakkan industri kreatif diperlukan beberapa faktor. Di antaranya, arahan edukatif, memberikan penghargaan terhadap insan kreatif, serta menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Guna mendukung industri kreatif, Eddy berencana akan membuka Cirebon Urban Creative Center (CUCC), yakni sebuah wadah bagi anak muda untuk pengembangan industri kreatif di Cirebon. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan CUCC adalah memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku industri kreatif anak muda.

Eddy berharap Industri kreatif di Indonesia harus dikembangkan karena industri kreatif dapat memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan dan menciptakan iklim bisnis yang positif serta membangun citra serta identitas bangsa. Di sisi lain, industri kreatif berbasis pada sumber daya yang terbarukan, menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa serta memberikan dampak sosial yang positif.

[mrh]