Eddy Soeparno

Harapan PAN Terhadap Vonis Perkara Ahok

JawaPos.com – Elite Partai Amanat Nasional (PAN) berharap vonis untuk perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang akan dijatuhkan majelis hakim tidak melukai umat Islam.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno berharap keadilan bisa ditegakan. Sebab umat Islam telah ternodai karena Ahok yang melakukan pelecehan terhadap salah satu ayat di kitab suci Alquran.

“Berharap keadilan bisa ditegakkan dan memenuhi harapan masyarakat yang telah ternodai,” ujar Eddy di DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta, Rabu (3/5) malam.

Maka dari itu, dia berharap majelis hakim dapat berpikir panjang dan melihat aspek-aspek hukum. Jangan sampai rasa keadilan itu hilang dan menjatuhkan vonis bebas kepada mantan Bupati Belitung Timur itu. “Dalam bentuk vonis harus mencerminkan keadilan kepada masyarakat,” katanya.

Sidang vonis perkara Ahok bakal digelar pada Selasas (9/5). Sementara itu, jumat besok (5/5) Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) pun menggelar Aksi Bela Islam dengan tajuk Aksi 55.

Rencananya aksi itu akan diawali dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal yang kemudian berjalan kali menuju Mahkamah Agung (MA), guna menyampaikan tuntutannya.