Eddy Soeparno

Eddy Suparno : PAN Berjuang Dengan Program Kerakyatan

Sejatinya, partai politik tidak hanya melulu membicarakan kekuasaan. Partai politik kian hari terus dituntut untuk berinovasi dan mampu berkembang untuk memperbaiki institusinya. Salah satu inovasi yang harus digunakan adalah bagaimana program-program partai mampu menarik perhatian masyarakat luas. Eddy Suparno menganggap bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) harus membuktikan diri sebagai partai yang menjunjung tinggi program-program kerakyatan. Selama ini, PAN selalu bekerja keras untuk menggerakan segala daya dan upaya dalam menjamin kesejahteraan rakyat Indonesia.

Selama 18 tahun PAN berdiri, Eddy berpendapat bahwa PAN mampu menjalankan tugasnya sebagai partai modern. Basis masa yang didapat tentu bukan hanya semata dari kegiatan kampanye. Dukungan kuat kepada PAN dikarenakan PAN tidak pernah meninggalkan rakyat. PAN selalu mengusung program-program kerakyatan yang menjunjung tinggi azas keadilan sosial. Oleh karena itu Eddy berharap agar tetap konsisten berada pada jalur perjuangan. Sebagai Sekretaris Jendal PAN, Eddy menjamin internal partai untuk tetap memposisikan kepentingan yang pro rakyat. Penguatan internal tersebut dilakukan dengan penempaan kader terkait isu-isu kerakyatan dan arahan kepada organisasi sayap dan para kader PAN untuk terjun langsung ke masyarakat dan melakukan perubahan yang nyata.

Selama 18 tahun lebih mengukuhkan eksistensinya, PAN telah melakukan banyak program kerja partai yang bersifat kerakyatan. Pada tahun ini saja, PAN telah menggelah Sekolah Politik Kerakyatan, Safari Kebangsaan, dan Kader Backpacker. Tiga contoh kegiatan tersebut adalah bukti PAN mampu untuk menggerakan kader, simpatisan dan organisasi sayapnya untuk turun langsung melihat lapangan. Kader-kader tersebut ditempat oleh asas perjuangan PAN dalam isu kerakyatan disertai dengan taktik dan implementasi untuk mendengar langsung keluhan rakyat. Eddy sendiri menyatakan kegiatan tersebut menunjukkan bahwa PAN harus dilihat sebagai partai modern tetap mengusung ide kerakayatan. Modal-modal tersebut tentu akan mempermudah PAN menjadi amanah bagi masyarakat Indonesia