Eddy Soeparno

Eddy Soeparno Siap Advokasi Pedagang Pasar Tradisional di DPR RI

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN sekaligus calon anggota DPR RI Dapil Jabar III, Eddy Soeparno dalam agenda blusukannya ke Pasar Anyar Bogor menyerap aspirasi dari perwakilan pedagang tradisional tentang kebijakan izin usaha.

Eddy, sapaan akrabnya, sebagai sosok profesional menilai bahwa kebijakan yang disampaikan dapat diperjuangkannya guna mengantisipasi ketimpangan pasar yang tiap tahun semakin berkembang.

Sebagai informasi, berdasarkan data perekonomian produktivitas pasar tradisional setiap harinya semakin turun.

Pasar modern telah tumbuh berkembang sebesar 30 persen. Sementara, pasar tradisional turun sebesar 8 persen.

“Masukan Pak Iwan akan saya perjuangkan di wilayah DPR RI jika diberikan dukungan dan amanah oleh masyarakat tahun 2019 nanti, masukan tersebut bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ketimpangan pasar tradisional dan modern,” ungkap Eddy Soeparno, Senin (12/11/2018).

Tidak hanya itu, dirinya bahkan juga memiliki strategi dalam mengatasi ketimpangan tersebut, salah satunya adalah zonasi pasar.

Eddy menjelaskan zonasi terhadap pasar merupakan salah satu cara untuk mendorong pasar tradisional berjaya kembali.

“Pasar tradisional tetap terjangkau oleh masyarakat dan pasar modern tetap masih bisa dijangkau,” kata Eddy.

Lebih lanjut, Eddy yang sangat mempedulikan kelangsungan hidup pedagang-pedagan kecil di pasar tradisional menjelaskan bahwa penataan yang semena-mena antara pasar tradisional dan modern akan menyulitkan bagi para pedagang pemilik modal kecil.

“Jangan sampai pedagang kecil kalah saing dengan pemodal besar yang memiliki tempat belanja modern,” jelasnya.

Pun demikian, sebagai seorang profesional Eddy mendukung persaingan yang sehat di aspek perekonomian masyarakat.

Namun, dirinya juga tidak bisa mengesampingkan kesejahteraan masyarakat kecil khususnya para pedagang kian tergerus dengan kehadiran pasar-pasar modern.

“Jangan sampai yang mendominasi mereka yang memiliki modal besar dan memarjinalisasi pasar-pasar tradisional,” pungkas calon anggota DPR RI Dapil Jabar III, Eddy Soeparno.
Sumber : Tribunjabar.id