Eddy Soeparno

Eddy Soeparno Lakukan Aksi Nyata Membangun Potensi Anak Muda Cirebon

Potensi anak muda saat ini tentu tidak bisa dianggap remeh. Kemunculan keterbukaan informasi dan teknologi menciptakan peluang bagi anak muda untuk mengambil alih isu tersebut. Hal tersebut terbukti dari banyaknya anak muda yang mulai menggerakkan kegiatannya pada aktivitas dunia maya.

Dari sekedar berdiskusi, anak-anak muda yang lebih dikenal dengan sebutan netizen mencoba untuk melaksanakan implementasi atas gagasan kritis dan membangun untuk lingkungannya. Tetapi kendala utama dalam implementasi gagasan anak muda tersebut adalah kurangnya wadah dan akses. Hal tersebut menjadi kendala utama dimana saat ini, akses untuk mengimplementasikan gagasan tersebut terbentur oleh banyak faktor, terutama dari faktor pendanaan dan birokrasi.

Hambatan yang dirasakan tersebut di respon oleh Sekjen DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno. Akrab disapa Eddy, pria berkacamata tersebut memulai langkah nyata dengan membangun sebuah wadah implementasi gagasan anak muda. Khususnya anak muda Cirebon. Wadah tersebut bernama Cirebon Urban Creative Center (CUCC).

Berangkat dari pemahaman Eddy akan globalisasi yang tidak bisa dihindari, maka dibutuhkan penanaman semangat anak muda. Semangat anak muda tersebut menurut Eddy haruslah dengan penanaman soft skills dan pembentukan kapasitas yang memiliki hasil yaitu kualitas anak muda. Eddy telah berikhtiar untuk membangun potensi anak muda Indonesia, khususnya anak muda Cirebon untuk mampu bersaing, bahkan impian tersebut juga diharapkan mampu untuk menjadi pemenang di era globalisasi.

Pembangunan wadah anak muda tersebut diinisiatifkan Eddy untuk berdiri di kota-kota luar Jakarta. Eddy sendiri mendukung pembangunan nasional dengan membangun inisiatif-inisiatif di kota-kota luar Jakarta. Namun, program-program ini harus bisa melibatkan anak muda di sektor ekonomi kreatif.Selain menjadi putra daerah dari Cirebon, Eddy bermaksud untuk mengawal secara langsung terhadap perkembangan anak muda di kota tersebut. Kontribusi tersebut Ia berikan untuk memberikan langkah nyata dalam mengusung ekonomi kreatif yang dihasilkan oleh anak muda.

Cirebon sendiri adalah kota yang berada di utara Provinsi Jawa Barat. Kota tersebut merupakan gudang dari situs sejarah maupun kultur peradaban umat Islam di Nusantara. Gerakan anak muda di kota tersebut sejatinya telah dimulai paska Sunan Gunung Jati berjuang bersama anak muda dalam menghadapi Portugis. Eddy sendiri menganggap identitas sejarah tersebut menjadi salah satu poin penting untuk membangun inisiatif anak muda di kota tersebut. Inisiatif tersebut terdiri atas kemampuan anak muda Cirebon untuk berjuang dan tidak kenal lelah untuk terus berkarya dan berinovasi.

Oleh: Samon Sari Adinda