Eddy Soeparno

Eddy Soeparno Ingin Wujudkan Swasembada Pangan Agar Indonesia Tak Lagi Impor

TRIBUNJABAR.ID- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno menganggap Indonesia mampu mewujudkan swasembada pangan.

Satu di antaranya, menurut Eddy, dengan mempertahankan lahan pertanian dan meningkatkan produtikvitas petani.

“Saya mendukung swasembada pangan yang saling terkait antara kesejahteraan petani dengan peningkatan produksi. Kita harus tingkatkan produksi dalam negeri agar kestabilan harga tercapai, maka kita akan tinjau ulang kebijakan khusus impor ekspor bahan pangan,” kata Kang Eddy.

Eddy Soeparno yang juga mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil Jabar III ini ingin Indonesia bisa menjadi negara yang berdaulat dengan kekayaan alam.

Swasembada pangan juga, ucap Eddy Soeparno, akan membuat harga bahan pokok lebih stabil.

Eddy Soeparno juga mengkritik pemerintah yang memutuskan impor untuk membuat stabilitas harga.

“Kalau tujuan impor menstabilkan harga dengan memenuhi kebutuhan tapi kenyataannya harga menjadi naik, warga kita justru menginginkan harga bahan pangan turun bukan naik,” ujarnya.

Politisi PAN itu menyebutkan bahwa Indonesia mempunyai kekayaan alam melimpah. Ini harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat.

Kang Eddy meyakini jika pertanian dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin bisa ekspor hasil pertanian. Perlu kebijakan tepat agar kebutuhan dan produksi pangan dalam negeri bisa dikendalikan.

“Kita memiliki kekayaan yang berlimpah dan apa yang kita miliki tidak terpelihara dengan baik. Saya imbau agar kita mempertahankan sawah yang kita miliki, sumber pangan yang kita miliki,” ucapnya.

Kang Eddy juga menilai reboisasi lahan kritis juga harus dilakukan. Hal ini untuk menunjang produktivitas petani.

“Revitalisasi lahan kritis bisa membuka lahan untuk petani, dengan begitu bisa meningkatkan produksi yang dapat mensejahterakan petani,” tutupnya.
Sumber : Tribun Jabar