Eddy Soeparno

Eddy Soeparno Ajak Mahasiswa Berpartisipasi Politik Aktif

Radar Cirebon, CIREBON – Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno memberikan pemahaman kepada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon tentang pemuda jangan takut berpolitik. Hal itu disampaikan dalam kesempatan Stadium General bertajuk Peran Politik Anak Muda, Rabu (8/3).

Eddy mengajak mahasiswa dan generasi pemuda lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam berpolitik. Karena menurutnya, peran mahasiswa dan pemuda sangatlah penting bagi perkembangan politik di Indonesia.

“Jangan sampai mereka, mahasiswa, ada timbul apatisme awal tentang politik. Sehingga tidak ada keinginan berpartisipasi dalam proses perpolitikan Indonesia. Padahal peran politik penting. Karena politik bagaimanapun juga sarana membuat perubahan,” tutur Eddy.

Dalam acara itu Eddy sangat berharap kepada para mahasiswa yang memang memiliki idealisme tinggi turut andil dalam politik. Karena mahasiswa adalah kelompok masyarakat yang berpendidikan tinggi. Sehingga keikutsertaannya dalam berpolitik diharapkan bisa membawa perubahan bangsa.

“Mahasiswa secara umum memiliki akademik yang tinggi, sehingga keikutsertaannya itu punya kesempatan yang baik untuk berperan dalam proses politik di Indonesia. Harapannya ke depan bisa mencerminkan wajah politik Indonesia yang santun dan beretika,” kata Eddy.

Menurut Eddy, umumnya mahasiswa apatis terhadap politik karena pandangannya terhadap para politikus sering dibarengi berita negatif. Mereka menganggap bahwa dunia politik sebuah wilayah yang memang tidak layak untuk dijadikan pilihan.

“Jangan takut atau khawatir. Berikan kontribusi politik yang aktif. Mari berpartisipasi aktif untuk memberikan warna dan memperbaiki iklim politik Indonesia,” ungkap Eddy.

Eddy juga menyarankan kepada para mahasiswa agar memulai mengetahui apa gerakan partai politik. Yang paling penting, kata Eddy, mahasiswa harus memulai sebuah langkah untuk memahami apa itu politik di Indonesia dengan aktif berproses.