Eddy Soeparno

Dorong Pemerintah Bangun Iklim Usaha Untuk Kemandirian Anak Bangsa

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (Sekjen DPP PAN) Eddy Soerparno menyambut baik langkah pemerintah dalam memberantas pungutan liar (pungli). Langkah untuk menghapus pungli di birokrasi ini sangat memberikan dampak positif untuk iklim usaha yang lebih baik.

Menurut Eddy, upaya penghapusan pungli ini juga harus dilanjutkan agar tidak sebatas pada pungli-pungli kelas bawah saja yang terkena sasaran, tetapi pungli-pungli dalam skala besar yang belum terungkap juga harus ditangkap.

Eddy juga menegaskan PAN sangat mendorong pemerintah untuk terus membangun iklim usaha demi kemandirian anak bangsa. Dengan melakukan deregulasi dan debirokrasi, aspek-aspek kelembagaan, birokrasi dan pelayanan yang tidak memadai diharapkan dapat diperbaiki secara optimal.

Sebagaimana juga yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, deregulasi dan debirokrasi dilakukan untuk memberikan kecepatan pelayanan, kepastian regulasi, sinkronisasi, kemudahan berinvestasi, serta meningkatkan produktifitas.

Hal terpenting dalam membangun iklim usaha adalah menarik perhatian investor agar percaya untuk melakukan kerjasama. Disamping itu, pelayanan infrastuktur yang memadai juga diperlukan untuk mempermudah kinerja.

Di sisi lain, ketersediaan Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia khususnya batu bara, mineral, migas dan hasil perkebunan harus dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung kemajuan iklim usaha pemerintah. Dengan demikian, diharapkan kedepannya anak-anak bangsa lebih mandiri dan mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha asing.

Eddy juga memberi dukungan kepada pemerintah agar penciptaan iklim usaha yang kondusif ini mampu berjalan dengan baik. Pasalnya, saat ini pemerintah terus menciptakan iklim usaha yang kondusif untuk sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal ini ditempuh dengan cara yang konkret, yakni menyiapkan dan mendorong lahirnya peraturan-peraturan yang mendukung UMKM.