Eddy Soeparno

Didukung Maju di Pilpres 2019, PAN Ibaratkan Zulkifli Hasan sebagai Panglima Perang

JAKARTA, Okezone.com – Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan dukungan seluruh kader terhadap Zulkifili Hasan sebagai calon presiden pada 2019 sangat serius. Bahkan, kader partai di seluruh Indonesia memilih nama Zulkifli secara aklamasi.

“Ya, tidak ada yang tidak serius karena secara aklamasi seluruh pengurus wilayah se-Indonesia menyatakan desakan untuk mengajukan Pak Zul di 2019,” kata Eddy saat berbincang dengan Okezone, Jumat (25/8/2017).

Pertimbangan Zulkifli dikukuhkan menjadi bakal calon pimpinan nasional di 2019 mendatang bukan tanpa alasan. Bagi Eddy, Zulkifli ibarat seorang panglima perang yang sudah banyak makan asam garam di medan pertempuran.

“Pertimbangannya ialah Pak Zul memiliki rekam jejak yang lengkap, mulai dari pengusaha, politikus di DPR, menteri, sekarang ketua MPR. Ibarat panglima perang, sudah menjalani kinerja peperangan,” ucap dia.

Selain nama Zulkifli, di internal partai juga muncul nama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan untuk dijagokan dalam Pilpres 2019.

Usul itu muncul di tengah agenda rapat kerja nasional III PAN yang digelar di Hotel Grand Asrilia, Bandung, Selasa, 22 Agustus 2017.

Terkait hal itu, Eddy mengatakan setiap kader atau anggota PAN diberikan hak untuk bebas berpendapat. Namun, ketika sudah ada keputusan resmi organisasi maka seyogianya semua pihak dapat mematuhi, khususnya terkait dukungan kepada Zulkifli.

“Bagi saya pribadi, misalnya ada yang nyebut nama‎, apakah BG, Panglima, Prabowo, saya akan mengedepankan kader terbaik kita, namanya Pak Zulhas,” ungkap Eddy.

Sebelumnya, PAN memutuskan mengusung Ketua Umum Zulkifli Hasan sebagai calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu Presiden 2019. Keputusan tersebut dihasilkan dalam Rakernas di Bandung yang berakhir Rabu 22 Agustus 2017.

“Dalam rapat pleno seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN sepakat mengusulkan saudara Zulkifli Hasan diusung sebagai bakal calon pimpinan nasional dalam Pemilihan Presiden 2019-2024,” ujar Ketua SC Rakernas PAN Didik J Rachbini dalam konferensi pers di Hotel Asrilia, Bandung, Jawa Barat.