Eddy Soeparno

Dicurhati Mahasiswa, Eddy Soeparno Siap Tinjau Ulang Regulasi Pendidikan

BOGOR-RADAR BOGOR, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN sekaligus Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1, Eddy Soeparno mendapat curhatan dari mahasiwa Bogor saat safari politik ke Kota Bogor.

Mahasiswa dari  Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) mengeluhkan sistem pendidikan yang dinilai tak berpihak kepada siswa magang.

Dalam kesempatan tersebut, Fata (20) yang merupakan mahasiswa Politeknik AKA Bogor mewakili 8 kampus lainnya di FLMPI. Mereka gusar dengan kebijakan kurikulum pendidikan saat ini.

Pasalnya, pihaknya tidak terima ketika melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan-perusahaan hanya diberikan upah di bawah UMR. Tidak hanya itu, pekerjaan yang seharusnya buat masyarakat pun diberikan kepada mahasiswa untuk memangkas biaya tenaga kerja.

“Kami menilai kurikulum tidak beres, magang dibayar murah di bawah UMR, pekerjaan yang seharusnya bisa buat masyarakat diberikan kepada kami untuk memangkas biaya,” ungkap Fata, Minggu (11/11/2018).

Maka dari itu, pihaknya meminta Eddy Soeparno untuk mengevaluasi kebijakan pendidikan yang tidak memihak mahasiswa tersebut. Bahkan, pihaknya siap mendukung bila calon wakil rakyat bersedia merubah sistem tersebut.

“Kami siap mendukung apabila wakil rakyat bersedia melakukan perombakan sistem pendidikan saat ini,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Eddy Soeparno yang dikenal sosok peduli menyatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk melakukan peninjauan ulang sistem pendidikan yang bersifat eksploitatif kepada mahasiswa.

Untuk itu, dirinya memohon dukungan kepada masyarakat Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur agar dapat membela kepentingan umat dan rakyat tidak hanya mahasiswa.

“Tentu saja peninjauan ulang bisa dilakukan untuk memperjuangkan aspirasi mahasiswa kita, tapi untuk itu saya harus menjabat di Senayan, maka dari itu saya mohon dukungan kepada seluruh masyarakat agar dapat membela kepentingan unat dan rakyat,” pungkasnya.

 

Sumber : Radar Bogor