Eddy Soeparno

Di Cirebon, Zulkifli Hasan Ingatkan Kader PAN Jangan Main Proyek

KEJAKSAN – Safari Kebangsaan dari Sabang sampai ke Merauke singgah di Kota Cirebon. Secara khusus, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan meminta kader PAN di daerah untuk sama-sama mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi.

“Kader PAN di daerah jangan bermain proyek. Kader ada yang tertersangkut pidana korupsi sekarang sudah mengundurkan diri dan sedang diproses dan mundur dari PAN,” ujar Zulkifli, kepada Radar, di Grage Hotel Cirebon, Jumat (6/5).

Kunjungan Bang Zul –sapaan akrab Zulkifli Hasan- di Cirebon merupakan lanjutan dari kegiatan yang digagas Fraksi PAN di DPR RI. Setelah berkunjung ke Banten, kemudian dilanjutkan ke Purwakarta, Cirebon merupakan kota ketiga yang disinggahi. “Setelah ini Semarang, Solo dan Surabaya,” tuturnya.

Safari tersebut, kata Bang Zul, untuk menyerap aspirasi dari masyarakat. Ini terkiat fungsi APBN dan fungsi legislatif. MPR juga melakukan tahapan menyerap aspirasi dari publik. Dalam tahapan itu ada public hearing. Cara ini sesuai dengan perjalanan reformasi kegotongroyongan.

“Keragaman mulai terabaikan, oleh karena itu kita mulai merajut kembali. Kita punya lambang negara, punya sumber dari segala sumber hukum yakni Pancasila, ini bukan hanya untuk pejabat pusat tapi juga untuk pejabat daerah,” bebernya.

Bang Zul berharap, tindakan yang selalu dijiwai ketuhanan, akan menghasilkan kemanusiaan adil dan beradab. Bila itu dilakukan, akan menjadi pemersatu dan akan terwujud keadilan kesejahteraan. Dari safari yang telah dilakukan, Bang Zul prihati dengan kondisi bangsa yang darurat miras dan narkoba. “Pelakunya sangat tidak beradab dan jauh dari nilai-nilai Pancasila,” tegas dia.

Sementara itu Sekretaris Jenderal DPP PAN. Edi Suparno menambahkan, selama di Cirebon Bang Zul berkeliling ke sejumlah tempat. Bahkan, sempat sarapan nasi jamblang dengan warga, berkunjung ke Keraton Kasepuhan dan sebagai ketua MPR memberikan pidato yang dilanjutkan salat jumat di Masjid At Taqwa. “Malam hari kita temu kader PAN sebanyak 600 orang,” tuturnya.

Di sela acara itu, Edi menerima kejutan dari kader. Edi yang berulang tahun ke-51, Edi sempat meniup lilin dan memotong kue. Potongan kue pertama diberikan spesial kepada Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan disaksikan Pengurus DPP Didik J Rahbini dan Ketua Fraksi PAN DPR RI Mulfachri Harahap