Eddy Soeparno

Demi Wujudkan Perubahan, PAN Dukung Anies-Sandi

Partai Amanat Nasional menetapkan mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, pada Pilkada DKI putaran kedua. Deklarasi dukungan diadakan pada Rabu (22/3/2017) siang, di Kantor DPP PAN.

Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi PAN memilih Anies-Sandi daripada pasangan Basuki Tjahja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat. Dukungan PAN ke Anies-Sandi karena pihaknya juga turut mendengar lapisan masyarakat. Sebelum memberi dukungan ada banyak pertimbangan yang dilakukan. Salah satunya adalah turun langsung ke masyarakat.

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno, PAN memberikan dukungan penuh untuk Anies-Sandi bukan tanpa alasan. Pertama, PAN hendak menunjukan sikap politik yang jelas dalam Pilkada DKI agar seluruh konstituen dan kader PAN memahaminya. Kedua, PAN menghendaki calon gubernur yang santun, mampu menjadi teladan dan rela berkorban untuk seluruh dan bukan sebagian warga Jakarta yang sangat majemuk. Ketiga, seluruh elemen PAN di DKI Jakarta, termasuk sayap-sayap partai dan konstituen PAN di seluruh Indonesia menghendaki PAN mendukung Anies-Sandi.

PAN memastikan tidak ada kontrak politik dalam memberikan dukungan terhadap pasangan calon gubernur-wakil gubernur Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilkada DKI. Eddy Soeparno mengaku, keputusan partainya dalam mendukung pasangan nomor 3 ini karena semata-mata ingin adanya perubahan di DKI Jakarta. PAN ingin menjadikan Jakarta lebih sejuk, beradab, yang maju kotanya dan bahagia warganya.

Sebelum pilkada digelar, PAN sudah menentukan sikap tidak akan mendukung calon petahanan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Alasannya, partai berlambang matahari putih ini ingin memberi alternatif pemimpin bagi warga Jakarta. Karena itu sewajarnya PAN memilih mendukung ke Anies-Sandi ketimbang Ahok-Djarot. Kami mendukung paslon nomor 3 di Pilkada DKI karena amanah dan bisa menjadi teladan yang baik bagi masyarakat tutur Eddy Soeparno politisi asal Cirebon ini. Melayani rakyat, menjalankan secara amanah, jadi teladan bagi rakyat.

Dukungan PAN akan sangat membantu Anies-Sandi dalam perjalanannya meyakinkan dan menggaet pemilih di putaran kedua. Hal itu lantaran masyarakat bakal menjatuhkan pilihannya untuk pasangan yang memiliki potensi lebih besar untuk menang. Dukungan PAN paling tidak bisa mengubah preferensi pemilih. Mengalirnya dukungan jelas mempengaruhi persepsi publik. PAN effect itu tak bisa diabaikan. PAN punya basis massa di akar rumput yang bisa membantu mendulang suara.

Dalam rangka memenangkan pasangan Anies-Sandi, DPP PAN mengeluarkan instruksi kepada kadernya. Eddy Soeparno menjelaskan instruksi DPP PAN untuk seluruh kader PAN di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta. Mari kita kerja keras untuk memenangkan pasangan calon Anies-Sandi di Pilkada DKI 2017. Dirikan posko-posko pemenangan di seluruh cabang, ranting dan rayon di Jakarta. Hal terpenting, awasi proses Pilkada agar berjalan jujur, adil dan demokratis. Harapannya dengan dukungan PAN pasangan Anies-Sandi dapat menjadi pemenang dalam pilkada DKI putaran kedua ini.

[mhd]