Eddy Soeparno

Bergabung dengan Pemerintahan Presiden Joko Widodo

ES JokowiAkhirnya PAN memutuskan bergabung dengan Pemerintahan. Ketua Umum PAN, Zulkifli Hassan yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, menjelaskan keputusan PAN untuk bergabung dengan pemerintah diambil setelah para pengurus berdiskusi mengenai kondisi perekonomian nasional dan ekonomi global.

“Saatnya seluruh stakeholder negeri ini bersatu untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok, partai, dan golongan. Hari ini saya didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno dan Ketua MPP (Majelis Pertimbangan Partai) Soetrisno Bachir datang dengan satu maksud dan tujuan yang jelas,” ujar PAN Zulkifli Hasan membuka konferensi persnya di Istana.

Jokowi menyambut baik keputusan PAN itu. “Saya melihat PAN mengutamakan kepentingan negara dan rakyat. Semoga bergabungnya PAN dengan pemerintah bisa menjadikan semangat bersama, dan semoga menjadi bagian dari perubahan menuju Indonesia yang lebih baik,” kata Presiden.

Sebelum ini, PAN adalah bagian dari Koalisi Merah Putih yang antara lain terdiri dari Gerindra, Golkar, Partai Keadilan Sejahtera. Koalisi ini mengusung Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dalam Pemilu 2014.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno ‎mengatakan menyusul keputusan penting tersebuat, maka akan digelar Rapimnas pada hari Jumat (4/9/2015) yang akan dihadiri seluruh kader dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN. Para kader juga akan diberi pemahaman secara langsung terkait bergabungnya PAN di pemerintahan.

Meski demikian, Eddy menegaskan, bahwa PAN tetap berada di Koalisi Merah Putih (KMP) dan tidak bergabung ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Tapi PAN masih di KMP. Saya tegaskan lagi ini bergabungnya PAN di pemerintahan, bukan di KIH,” ucap dia.

Dari hasil Rapimnas yang akhirnya digelar pada hari Jum’at 4 September 2015 di kantor pusat DPP PAN diputuskan bahwa seluruh pengurus harus menerima keputusan DPP terutama terkait sosialisasi sikap politik baru PAN untuk bergabung dalam pemerintahan. Berita hasil Rapimnas diperoleh dari sini