Eddy Soeparno

Belum Tentukan Pilihan, Elite PAN Berpose ‘Oke Oce’

Suara.com – Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan sikap mendukung satu dari dua pasangan kandidat yang bakal bertarung dalam putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, yang digelar pada 19 April 2017.

Namun, sejumlah elite partai tersebut memberi “sinyal” mendukung Calon Guberrnur dan Calon Wakil Gubernur DKI nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Itu setelah mereka foto berpose “Oke Oce”—jargon kandidat tersebut.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, foto itu dibuat saat acara unduh mantu Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN Amien Rais, di Yogyakarta, Sabtu (12/3/2017).

Saat dikonfirmasi wartawan mengenai foto ini berkaitan dengan dukungan PAN untuk Anies-Sandi, Edy menyebut partainya belum memutuskan apa pun.

“PAN masih mendengarkan suara dan aspirasi konstituen serta arus bawah. Banyak masukan yang menghendaki PAN memberikan dukungan ke pasangan calon nomor 3. Kita akan putuskan segera,” kata Eddy, Minggu (12/3/2017).

Untuk diketahui, Pilkada DKI Jakarta memasuki putaran kedua. Kekinian, tinggal dua pasangan calon yang akan bertarung di putara kedua, yaitu pasangan Anies-Sandi serta pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Syaiful Hidayat‎.

Pada putaran pertama, PAN bersama Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Persatuan Pembangunan, memberikan dukungan pada pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. Seusai penghitungan cepat, pasangan yang mendapat suara 17 persen ini langsung mengakui kekalahannya.