Eddy Soeparno

Bela Pasha yang Diminta Mundur, PAN: Wali Kota yang Pantas Menilai

Detik.com, Jakarta – DPRD Palu meminta Sigit Purnomo Said atau yang dikenal sebagai Pasha ‘Ungu’ mundur dari jabatannya sebagai Wakil Wali Kota Palu karena mengambil job menyanyi di Singapura. Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan yang pantas menilai Pasha adalah Wali Kota Palu.

“Kalaupun ada yang dilanggar oleh Pasha, harusnya pemerintahan kotanya yang memberitahukan. Ya pemkot yang paling layak memberikan penilaian. Ya wali kotanya,” kata Eddy saat berbincang dengan detikcom, Senin (27/3/2013) malam.

PAN merupakan partai politik pengusung Pasha dalam memenangi pilkada. Eddy yakin Pasha merupakan orang yang berdedikasi yang mengutamakan pekerjaannya sebagai Wakil Wali Kota Palu. Menurut Eddy, Pasha telah meminta izin kepada atasannya terkait job menyanyi di Singapura.

“Jadi yang mengatakan Pasha ini salah atau tidak ya Wali Kota Palu. Nah, Wali Kota Palu sudah memberikan izin, sudah mendapat persetujuan atasan. Jadi, kalau sudah mendapatkan izin dari atasan, kenapa harus diramaikan lagi,” tutur Eddy.

Eddy juga mempertanyakan apa dasar dari pernyataan Ketua DPRD Palu yang meminta Pasha mundur. “Atas dasar apa? Apa dia (Pasha) berbuat makar, apa berbuat suatu aksi kriminalitas,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPRD Palu Iqbal Andi Mangga menuding Pasha melanggar etika pejabat publik. “Wakil Wali Kota Palu sebaiknya membaca kembali UU Pemerintahan Daerah Nomor 23/2014, khususnya Pasal 76 tentang larangan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah. Sangat jelas aturannya bahwa wakil kepala daerah tidak boleh terlibat dalam suatu usaha atau terlibat dalam badan usaha,” kata Iqbal kepada wartawan, Senin (27/3).

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan, bila tugas utamanya sebagai Wakil Wali Kota Palu tidak terganggu, kegiatan Pasha yang lain tidak perlu dipermasalahkan.

“Sepanjang Wawali tetap bekerja dan tidak mengabaikan pekerjaan sebagai Wawali, ya tidak apa-apa,” kata Longki saat dikonfirmasi.
(ibh/dhn)