Eddy Soeparno

Bahas Pemotongan Anggaran, Sekjen PAN Diskusi Bareng Mahasiswa

RMOL. Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno kembali menggelar Silaturahmi Komunitas Nusantara. Kali ini, acara diadakan di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu besok (7/9) dengan mengangkat tema Dampak Pemotongan Anggaran Bagi Perkembangan Ekonomi Daerah.

Menurut Eddy, Semarang menjadi destinasi ketiga setelah menggelar acara serupa di Kota Susabaya dan Cirebon.

Dia menjelaskan, pemotongan anggaran merupakan pil pahit yang terpaksa ditelan pemerintah untuk menyesuaikan kemampuan riil dalam membiayai pembangunan di tahun 2016 dan ke depan. Turunnya target pendapatan pajak dan pendapatan negara bukan pajak lainnya adalah realita yang dihadapi pemerintah. Karena itu, sudah sepatutnya disikapi melalui pemotongan anggaran ketimbang pembiayaan melalui utang.

Kendati demikian, Eddy berharap pemotongan anggaran tidak membawa imbas berat kepada daerah. Mengingat, roda perekonomian daerah membantu pusat dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan lainnya.

“Saya mengapresiasi langkah Menteri Keuangan yang bersikap realistis dan konservatif dalam menjalankan anggaran negara, khususnya di tahun 2016. Pemerintah harus teliti dalam menggunakan anggaran yang serba terbatas agar prioritas penggunaannya ditujukan kepada proyek infrastruktur dan pembenahan sarana dan prasarana yang bertujuan menciptakan lapangan kerja dan menggerakkan roda perekonomian,” jelas Eddy.

Silaturahmi Komunitas Nusantara akan dihadiri ratusan mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (UNNES), komunitas kreatif, dan seniman yang ada di Semarang. Serta dimoderatori oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM UNNES 2015 M Mugnil Labib.

Diskusi yang dihadiri media dan blogger itu juga dijadikan Eddy sebagai wadah menyampaikan pendapat dari mahasiswa dan berbagai komunitas kreatif di Semarang.