Eddy Soeparno

Anak Muda Indonesia dan Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi MEA

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) masih terus menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan. Berbagai perdebatan terkait dampak MEA bagi Indonesia masih terus bergulir. Namun demikian, perdebatan yang terlalu panjang tentunya akan merugikan bangsa Indonesia jika kita tidak segera bertindak dan hanya asik beradu argumentasi seputar apakah MEA baik atau buruk.
MEA dapat dipahami sebagai integrasi ekonomi regional yang ditandai adanya arus pasar bebas seperti barang, jasa, investasi, tenaga kerja, dan modal. Bagaimanapun MEA akan terus berlangsung, sehingga lebih baik jika kita bergegas untuk mengambil tindakkan untuk menghadapi MEA.

Pasar bebas akibat MEA tentu akan merugikan apabila kita tidak siap menghadapinya. Jangan sampai bangsa Indonesia tidak mampu bersaing dan hanya menjadi masyarakat konsumer semata.
Dengan keberagaman yang kita miliki, serta jumlah sumber daya alam maupun manusia yang melimpah, sepertinya tidak ada alasan untuk bangsa Indonesia kalah pada persaingan pasar bebas dalam MEA.
Sektor yang saat ini sangat dapat menunjang keberhasilan bangsa Indonesia dalam menghadapi MEA adalah sektor ekonomi kreatif. Sektor ekonomi kreatif di Indonesia tumbuh dan berkembang menjadi sektor ekonomi yang memiliki peranan strategis.

Pada tahun 2014, ekonomi kreatif berkontribusi 7,1 persen terhadap PDB nasional, menyerap 12 juta tenaga kerja dan berkontribusi perolehan devisa 5,8 persen. Sektor ini memang sangat menjanjikan untuk menghadapi tantangan MEA.

Indonesia tidak kekurangan anak-anak muda kreatif yang berpotensi untuk menunjang sektor ekonomi kreatif. Namun, anak-anak muda ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan potensinya serta menjaga sustainability mereka.

Menanggapi kondisi ini, bermunculan tokoh-tokoh nasional yang tergerak untuk turut mendukung pengembangan anak-anak muda kreatif di Indonesia, salah satunya adalah Eddy Soeparno yang kini menjabat sebagai Sekertaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN).

Eddy Soeparno selain aktif di dunia politik, beliau juga berkomitmen untuk membantu perkembangan industri kreatif di Indonesia dengan cara membantu anak-anak muda kreatif di Indonesia.
Bentuk dukungan konkret dari Eddy Soeparno adalah dengan menginisiasi berdirinya Cirebon Urban Creative Center (CUCC) sebagai wadah bagi komunitas dan anak muda kreatif di Cirebon.
Tidak berhenti di Cirebon saja, Eddy Soeparno secara perlahan juga ingin membantu anak-anak muda kreatif dan komunitas di Indonesia dengan programnya yaitu Silaturahmi Komunitas Nusantara. Tujuannya adalah untuk mendapatkan masukan anak muda secara utuh untuk membangun fondasi kebangsaan dan ekonomi kreatif yang berpotensi menopang perekonomian nasional.
Inisiatif semacam ini merupakan hal yang sangat baik, sehingga harapannya selain program yang diinisiasi oleh Eddy Soeparno dapat berjalan dengan baik, juga tokoh-tokoh lainnya dapat mengikuti langkah Eddy Soeparno dalam mendukung anak-anak muda di Indonesia. Program semacam ini tentunya sangat membantu pemerintahan Jokowi karena memang sesuai dengan misinya untuk meningkatkan industri kreatif di Indonesia.

Oleh Kisandani